nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Susi Pudjiastuti Beri Syarat Khusus untuk Netizen yang Mau Di-Follback, Apa Tuh?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 28 Oktober 2019 15:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 28 612 2122656 susi-pudjiastuti-beri-syarat-khusus-untuk-netizen-yang-mau-di-follback-apa-tuh-5fizGHGDCm.jpg Ikuti cara ini kalau mau di follback Susi Pudjiastuti di medsos (Foto: Instagram)

SELEPAS menanggalkan jabatan sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti banjir permintaan 'follback' dari netizen di media sosial. Tawaran itu datang tak henti-henti sampai akhirnya dia angkat bicara.

Belum lama setelah berita ini dimuat, Susi Pudjiastuti mengunggah sebuah cuitan di Twitter yang menjelaskan permintaan netizen tersebut. Dalam keterangannya, dia tak mempermasalahkan tawaran 'follback', tapi dia pun mengajukan syarat khusus.

 Sushi Pudjiastuti

Ya, bagi netizen yang mau mendapatkan 'follback' langsung dari Susi Pudjiastuti, mereka harus menyelesaikan dua misi ini; Syarat pertama adalah harus menjadikan ikan sebagai konsumsi protein utama, dan yang kedua ialah tidak membuang sampah plastik ke laut dan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Jika membaca syarat tersebut, kita akan teringat dengan mimpi Susi Pudjiastuti yang ingin menjadikan ikan sebagai makanan kegemaran semua masyarakat Indonesia. Sebab, ikan sudah terbukti sebagai sumber protein yang sangat baik untuk tubuh manusia.

Kemudian, dia juga menyoroti isu sampah plastik yang sampai saat ini masih menjadi persoalan bangsa Indonesia. Kita masih sering melihat ada sampah plasti mengambang di lautan atau foto-foto yang memperlihatkan hewan diambang kematian akibat sampah plastik. Pun juga dengan penggunaan produk plastik sekali pakai yang masih banyak dilakukan.

 

Tidak hanya dua syarat itu, Susi Pudjiastuti pun menambahkan dua syarat lainnya yang harus disanggupi netizen. Adalah mau membersihkan dan memastikan pantai-pantai tidak kotor dan syarat terakhir ialah menyayangi sesama, apalah saudara sebangsa setanah air. Kemudian tidak bicara rasis, ekstrim, dan memastikan semua percakapan harus konstruktif.

Bagi Mantan Menteri KKP itu, dengan melakukan empat hal yang disyaratkan tersebut, Anda sudah bisa mendapat follback darinya. Syarat yang kalau dibaca tak sulit, tapi untuk menerapkan dan menyebarkannya ke masyarakat lain masih bisa dikatakan sulit.

"Buat kamu yang alergi ikan, kamu bisa mengajak masyarakat untuk ayo makan ikan. Makan ikan sehat, makan ikan kuat, makan ikan cerdas, tidak makan ikan ditenggelamkan! Buat yang nggak bersedia mengikuti ketentuan-ketentuan itu, saya unfollow. Yang melawan saya block!!!" kata Susi Pudjiastuti di cuitan terakhir.

Mengetahui adanya syarat ini, netizen pun merespon dengan cepat. Sampai berita ini dimuat di Okezone, sudah ada 3,3 ribu netizen menyukai unggahan tersebut. Kemudian, ada 740 netizen coba membagikan ulang.

Lantas, apakah netizen meyanggupi tantangan Mantan Menteri Susi Pudjiastuti ini?

"Follback, bu. Saya makan ikan, saya cinta lautan, saya menjaga kebersihan, saya tidak pakai plastik, saya cinta ibu Susi Pudjiastuti dan Indonesia," kata @adiwijaya_equal.

 

"Bu, mohon izin ya saya di-follback. Saya makan ikan setiap hari," ungkap @dukeofmalang.

"Bu, kulit aku bagus karena makan ikan terus, lho. Aku juga sudah tidak menggunakan plastik sekali pakai. Aku kemana-mana sudah bawa botol minum. Follback, ya, bu," tulis @miund.

"Bu, foto saya ada ikannya. Itu waktu ngupasin sisik ikan, aku sambil cemilin ikannya mentah-mentah, lho," aku @kukuhya.

"Bu, saya cinta makan seafood di pondok resto seafood pangandaran dan wiro sableng. Saya juga lebih cinta laut daripada Cinta Laura," tulis @OktaOmatic.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini