nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Takaran Air saat Memasak Nasi Tentukan Kualitas, Cukup Pakai Jari!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 29 Oktober 2019 10:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 29 298 2122968 takaran-air-saat-memasak-nasi-tentukan-kualitas-cukup-pakai-jari-g4nnT0WoM7.jpg Tips masak nasi ala Netizen (Foto: Twitter)

SEBAGIAN dari Anda mungkin alami kesulitan dalam memasak nasi. Kekhawatiran akan jumlah air yang dimasukkan menjadi kendala menakutkan. Sebab, jumlah air ini yang kemudian menentukan kualitas nasi.

Tapi, kali ini Anda jangan takut dan ragu lagi untuk coba memasak nasi, karena seorang netizen menemukan konsep yang menurutnya tepat. Ya, konsep itu membicarakan tingakatan air di dalam kuali dan kualitas nasi yang tercipta.

Unggahan ini dibagikan akun Twitter @Mash_Anang. Dapat dilihat di sana, ada empat takaran air dan kualitas nasi setelah dimasak. Empat level itu antara lain nasi dengan kualitas atos, pulen, bubur, dan yang paling akhir adalah 'cok iso masak pora'.

 

Jika bisa diterangkan, untuk memasak nasi yang atos (dalam bahasa Jawa artinya keras), maka air yang harus dimasukkan jumlahnya setingkat dengan pertengahan kolom pertama jari tengah. Kemudian, untuk kualitas nasi pulen, air yang ditambahkan takarannya ialah garis pertama jari tengah Anda.

Setelah itu, untuk kualitas nasi menjadi bubur, maka air yang diperlukan levelnya adalah garis kedua jari tengah. Sementara itu, kalau Anda masukan air melebihi garis kedua jari tengah, dipastikan Anda nggak pernah masak nasi.

 Memasak nasi

Sebagai catatan di sini, takaran air ini dihitung dari lapisan paling atas nasi yang ada di kuali atau tempat memasakknya. Jadi, bukan takaran air yang ada di gelas yang kemudian dimasukkan ke tempat masak nasi.

Paham ini tidak diketahui pasti kebenarannya, namun jika melihat orang lain masak nasi, pasti Anda bakal melihat momen saat si pemasak memasukkan jarinya ke dalam kuali. Hal ini mereka lakukan untuk menakar jumlah air yang akhirnya menentukan kualitas nasi yang dimasak.

 Masak nasi

Mengetahui informasi ini, netizen pun kemudian membahasnya secara masif. Sampai sekarang saja tercatat sudah ada 3,6 ribu netizen yang membagikan ulang unggahan ini dan ada 4,1 ribu likes yang masuk. Komentar netizen pun beragam.

"Tapi kan kalau beda takaran berasnya, beda juga takaran airnya. Kalau aku sih biasanya 3 canting beras terus takaran airnya selevel masak bubur seperti di gambar. Hasilnya nasinya mateng pas kok," kata @pinepanple.

"Saya pernah melakukan eksperimen masak neras dengan satu ruang dan dua ruas jari.

 

Jadi, kalau beras setinggi satu ruas, banyak air yang diperlukan biar pulen jaraknya dari permukaan beras ke permukaan air juga satu ruas, begitu juga saat Anda masak beras dua ruas, maka takaran airnya dua ruas," ungkap @harun_rr.

"Jari siapa dulu bege! Jari bantet kayak gue tiap masak nasi, ya, keras mulu jadinya," tegas @monicmeidi.

"Eh tapi kalau masak berasnya sedikit, ini tuh nggak berlaku. Tetap pakai feeling paling benar. Karena kalau masak beras sedikit pakai ruas jari pertama, jadinya lembek banget. Sedikit ini benar-benar sedikit, ya, berasnya, cuma buat makan sendiri," ungkap @Nam_Dhita.

"Mau ada takarannya atau engga, aing kalau disurh masak nasi selalu hasilnya lembek dan benyek, akhirnya dimarahin mama karena nggak pecus masak nasi," keluh @Smileafterkiss_

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini