nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pramugari Ini Temukan CCTV di Toilet Pesawat, Langsung Digugat!

Yolanda Maefira, Jurnalis · Selasa 29 Oktober 2019 14:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 29 406 2123064 pramugari-ini-temukan-cctv-di-toilet-pesawat-langsung-digugat-A6uTqUcieC.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MUNGKIN Anda perlu berhati-hati saat memasuki toilet di pesawat. Pasalnya, seorang pramugari Southwest Airlines memergoki adanya kamera tersembunyi di toilet pesawat.

Adanya kamera tersebut dia temukan setelah memasuki kokpit, dan melihat nampak ada tampilan langsung dari toilet pesawat. Pramugari yang bernama Renee Steinaker itu pun menggugat Southwest Airlines karena ada kelalaian pelanggaran privasi bahkan pelecehan seksual.

Dia mengajukan gugatan di Maricopa County, Arizona sebelum kasus tersebut dipindahkan ke Pengadilan Distrik AS. Meskipun, maskapai tersebut langsung membantah dan mengklaim telah melakukan penyelidikan atas tuduhan tersebut, dan tidak menemukan adanya kamera tersembunyi. Bahkan, mereka menyebut pramugari tersebut telah memasuki area terlarang.

"Kami dapat mengkonfirmasi, dari penyelidikan kami bahwa tidak pernah ada kamera di kamar kecil," tulis Southwest Airlines dalam pernyataannya seperti dilansir dari Gulfnews.

Salah satu pengacara yang telah mempraktikkan hukum penerbangan selama hampir 50 tahun

Perusahaan tersebut bahkan melihat rumor tersebut sangat tidak pantas, dan tidak termaafkan. Salah satu pengacara yang telah mempraktikkan hukum penerbangan selama hampir 50 tahun, Ronald Goldman, mengatakan belum pernah melihat kasus seperti ini.

"Menurut saya kasus semacam ini sangat tidak masuk akal, sehingga membahayakan keselamatan penerbangan dan menciptakan lingkungan kerja yang tidak bersahabat bagi awak kabin," ucapnya.

"Hanya orang cabul yang akan berpikir masalah ini lucu," tambah Goldman.

Menurutnya, hal ini bukan sekedar peristiwa semata. Namun, hal ini keterlaluan karena dapat mengancam rasa keselamatan dan keamanan, bahkan dapat menyebabkan tekanan emosional yang cukup besar.

Steinaker adalah salah satu dari empat pramugari yang bekerja pada Southwest Airlines di Penerbangan 1088, yang berangkat dari Pittsburgh ke Phoenix pada 27 Februari 2017. Menurut dokumen pengadilan, Pesawat Boeing 737-800 ini memiliki toilet di bagian depan dan belakang untuk penumpang dan kru.

ia melihat iPad yang terpasang di kaca depan dan video streaming yang menunjukkan Graham di kamar kecil.

Sekitar 2 jam 30 menit dalam penerbangan, Graham (Pilot) meminta pramugari untuk datang ke kokpit saat ia pergi ke kamar kecil. Protokol Southwest mengharuskan dua anggota kru berada di kokpit setiap saat. Saat Steinaker memasuki kokpit, ia melihat iPad yang terpasang di kaca depan dan video streaming yang menunjukkan Graham di kamar kecil.

Ketika bertanya, Steinaker mengatakan bahwa Russell (Co-Pilot) mengakui video itu berasal dari kamera live-stream yang dipasang di toilet. Ia mengatakan bahwa kamera itu merupakan tindak keamanan rahasia dipasang di toilet semua pesawat 737-800 milik maskapai.

Russell kemudian menginstruksi Steinaker agar tidak memberi tahu siapa pun tentang kamera tersembunyi sehingga tidak ada yang bisa menemukannya. Tapi, Steinaker memfoto gambar iPad, yang menunjukkan Graham di kamar kecil pada saat itu.

Setelah mendarat, Steinaker dan anggota kru lainnya mengajukan laporan kejadian tertulis ke Southwest dan meminta agar menyita iPad milik maskapai dan menyimpan rekaman suara kokpit.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini