nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gara-Gara Diskriminasi Gender, Restoran Ini Didenda Nyaris Rp900 Juta

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 30 Oktober 2019 18:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 30 298 2123653 gara-gara-diskriminasi-gender-restoran-ini-didenda-nyaris-rp900-juta-XewIRpGfPG.jpg Restoran diskriminasi gender (Foto: Instagram)

SEBUAH restoran terkenal di Peru, baru saja diganjar denda dengan nominal yang bisa dibilang sangat besar. Ialah La Rosa Nautica, sebuah restoran mewah dan mahal yang dilaporkan baru saja didenda sebesar US62000 atau kurang lebih Rp869juta gara-gara diskriminasi gender.

Nominal denda hampir Rp900juta tersebut, sebagaimana dikutip Odditycentral, Rabu (30/10/2019) karena La Rosa Nautica disebutkan telah melakukan tindakan diskriminasi gender, tepatnya pada pengunjung perempuan yang datang bersantap dengan laki-laki, dengan cara memberikan daftar menu yang tidak ada keterangan harganya.

 Restoran diskriminasi

Ya, percaya atau tidak restoran mewah yang menjual pemandangan pinggir laut satu ini diperintahkan untuk membayar denda USD62000 karena kedapatan menawarkan kepada pengunjung wanita menu yang berbeda ketika pengunjung wanita datang dengan tamu pria. Klik halaman selanjutnya untuk peristiwa diskriminasi gender ini.

Jika pengunjung umum, seperti laki-laki biasa diberikan buku daftar menu yang menampilkan lengkap menu hidangan beserta harganya. Nah, buku menu yang diberikan kepada tamu wanita yang datang bersama pria malah tidak ada tulisan harganya sama sekali.

Ilustrasi kesetaraan gender

Diberi hukuman denda, sang pemilik restoran berdalih sistem tersebut adalah cara sebagai cara bagi para perempuan untuk menikmati malam romantis tanpa harus khawatir tentang biaya. Tetapi otoritas Peru memutuskan bahwa tindakan tersebut adalah salah satu bentuk tindakan diskriminatif terhadap perempuan.

“Hal kecil seperti itu tampaknya memang tidak berbahaya. Tapi pada akhirnya mereka adalah dasar dari konstruksi chauvinistik yang memperkuat perbedaan antara pria dan wanita,” jelas Liliana Cerrón, seorang pejabat di institut otoritas Peru.

Bersamaan dengan hukuman denda, restoran La Rosa Nautica di saat yang bersamaan juga harus menawarkan daftar menu yang sama ke semua orang, melatih para staf restoran, dan memasang tanda pengumuman yang jelas bahwa yang namanya tindak diskriminasi tidak akan ditoleransi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini