nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Makanan Terlezat di Dunia, Chef Asal Malaysia Akui Rendang Asli Indonesia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 30 Oktober 2019 17:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 30 298 2123707 jadi-makanan-terlezat-di-dunia-chef-asal-malaysia-akui-rendang-asli-indonesia-1Ks2MMySzC.jpg Rendang (Foto: Shutterstock)

Rendang merupakan salah satu kuliner asli Indonesia yang sangat digemari banyak orang. Media internasional CNN bahkan telah berulangkali menetapkan rendang sebagai hidangan terlezat di dunia selama empat tahun berturut-turut, mengalahkan pizza, sushi, tom yam, dan masih banyak lagi.

Popularitas rendang pun kini melambung tinggi. Bila dulu rendang disajikan pada acara-acara tertentu, hidangan kaya rempah ini sekarang dapat dengan mudah ditemukan di rumah makan. Saking terkenalnya, sejumlah negara mulai mengklaim bahwa rendang merupakan makanan tradisional mereka, termasuk Malaysia.

Untungnya, salah satu chef profesional asal Negeri Jiran itu menjelaskan secara detail bahwa rendang adalah kuliner asli Indonesia. Bila Anda pernah menikmati olahan nasi lemak, roti canai, atau kuliner Malaysia lainnya, beberapa rumah makan juga menyuguhkan rendang sebagai hidangan pelengkap.

 Olahan daging

Ya, olahan daging sapi bertekstur empuk dengan sensasi rasa gurih dan aromanya yang khas itu memang tidak pernah gagal menggoyang lidah. Apalagi bila dikombinasikan dengan beberapa jenis hidangan seperti nasi lemak dan roti canai.

Sous Chef Azhar Alias dari Hotel Equatorial KL Malay menegaskan bahwa rendang berasal dari Tanah Sumatera, Indonesia.

“Makanan ini adalah bagian dari kekayaan kuliner di Padang, Sumatera Barat. Rendang pertama kali diperkenalkan oleh suku Minangkabau lalu tersebar luas hingga Negeri Sembilan,” tutur Chef Azhar sekaligus menambahkan bahwa sejumlah orang Minang pindah ke Negeri Sembilan pada abad ke-15.

Hal senada juga disampaikan oleh Ashar Daud, Executive Sous Chef dari The 39 Restaurant di PNB Darby Park, Kuala Lumpur. Ia mengatakan, banyak sekali kuliner Malaysia yang berakar dari berbagai hidangan khas Indonesia.

“Bebera makanan Malaysia itu terinspirasi dari kuliner dan tradisi Indonesia,” tegas Chef Ashar Daud.

Menilik pernyataan dua chef profesional tersebut, pro dan kontra seputar asal usul rendang tentu sudah tidak perlu diperdebatkan lagi. Keduanya juga tidak memungkiri bahwa warga Malaysia juga memodifikasi resep rendang agar sesuai dengan lidah mereka.

 Pria berbaju koki

Rendang terbaik hanya bisa ditemui di kampung-kampung

Chef Azhar Alias juga mengatakan, olahan rendang terbaik hanya bisa ditemui di pedesaan atau perkampungan. Warga desa biasanya mengolah rendang dengan teknik yang masih sangat tradisional dan sesuai dengan resep yang diwariskan turun-temurun.

“Rendang itu harus dimasak secara perlahan. Dulu orang-orang menggunakan kayu bakar untuk mengolahnya. Dan itu merupakan salah satu kunci kelezatannya,” ungkap Chef Azhar.

Sama seperti di Indonesia, rendang juga menjadi hidangan utama yang disajikan orang Malaysia saat sedang merayakan Hari Raya Idul Fitri hingga acara pernikahan. Mereka selalu mengolah makanan ini secara bergotong-royong, dan menggunakan bahan-bahan utama seperti serai, bawang merah, santan, lengkuas, rempah-rempah kering, dan sebagainya.

Meski proses pengolahannya cukup panjang, Chef Ashar mengatakan, justru saat memasak rendanglah ia dapat melihat kebahagiaan dan kejujuran dari orang-orang di sekitarnya.

“Memasak rendang adalah proses yang panjang. Tapi itu adalah momen terbaik, karena banyak orang akan berkumpul di sekeliling wajan besar berrisi rendang, mengaduk sembari tertawa berbagai cerita. Hidangan ini benar-benar menyatukan banyak orang,” tukas Ashar.

Untuk rasa dan teksturnya sendiri, setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Menurut Ashar, rendang di Negri Sembilan cenderung memiliki tekstur yang lebih berair dan lebih pedas karena ditambahkan cabai rawit, serai, dan lengkuas. Selain itu, ada juga olahan rendang yang diberi nama Rendang Tok.

Olahan rendang ini sangat terkenal di kalangan pencinta kuliner Malaysia dengan tekstur yang lebih embuk dengan warna gelap kehitam-hitaman.

“Rendang Tok biasanya dimasak dengan tambahan ketumbar segar, lada hitam, bubuk kari, dan gula merah. Selain itu, ada penambahan irisan daging kelapa sebagai pelezatnya,” tukas Chef Ashar.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini