nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bandara Gatwick di London Terapkan Aturan Baru agar Waktu Naik Pesawat Lebih Cepat

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 30 Oktober 2019 22:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 30 406 2123837 bandara-gatwick-di-london-terapkan-aturan-baru-agar-waktu-naik-pesawat-lebih-cepat-KSvhB5zGix.jpg Ilustrasi (Foto: AOL)

Antrean panjang kerap kali terjadi di boarding gate saat penumpang hendak menaiki pesawat terbang. Salah satu penyebabnya karena penumpang di kursi bagian depan telah masuk lebih dulu dan masih harus mengatur barang bawaannya. Hal itu membuat penumpang yang duduk di bagian belakang harus menunggu.

Untuk mengatasi hal tersebut, Bandara Gatwick di London tengah menjalankan skema uji coba yang diklaim dapat mempercepat waktu naik penumpang ke pesawat terbang sekira 10%. Caranya dengan memanggil lebih dulu penumpang yang duduk di bagian belakang sesuai dengan posisinya. Penumpang diberi tahu waktu menaiki pesawat melalui layar besar dekat boarding gate.

 Pesawat

Berbagai konfigurasi coba dilakukan oleh pihak bandara. Penumpang yang duduk di bagian belakang akan dipanggil pertama kali untuk naik ke pesawat.

Urutannya dimulai dari penumpang yang duduk di kursi jendela, lalu kursi tengah, dan kursi lorong. Apabila penumpang melewatkan panggilannya, maka ia harus menunggu hingga akhir. Skema ini dianggap dapat mengatasi antrean.

"Skema menunjukkan teknik ini dapat mengurangi waktu naik pesawat hingga 10% dibandingkan dengan metode konvensional,” ujar juru bicara Bandara Gatwick seperti yang Okezone kutip dari Business Insider, Rabu (30/10/2019).

Juru bicara tersebut mengatakan teknik ini berhasil dilakukan pada salah satu maskapai penerbangan. Selain itu, dirinya menekankan bila penumpang prioritas, membawa anak, dan membutuhkan bantuan tetap diutamakan untuk naik pesawat lebih dulu.

Ke depannya, pihak bandara akan melihat feedback dari penumpang. Apabila dirasa berhasil, maka proses naik ke pesawat dapat diubah.

Seorang ahli teknologi eksekutif di bandara yakni Abhi Chacko mengatakan, “Kami ingin mengeksplorasi apakah naik dengan nomor kursi menghindari antrian di boarding gate. Indikasi awal adalah teknik baru ini memiliki potensi untuk mengurangi waktu naik pesawat secara keseluruhan.”

Menurut Abhi, dibutuhkan komunikasi yang lebih baik kepada penumpang agar menaiki pesawat terbang sesuai dengan nomor kursinya.

“Kami berharap teknik ini dapat membuat keseluruhan pengalaman naik pesawat lebih santai dan mencegah sebagian besar penumpang yang bergegas mengantre di depan boarding gate,” pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini