nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pernah Berseteru, Menkes Terawan Rangkul IDI Demi Majukan Pembangunan Kesehatan

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 30 Oktober 2019 13:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 30 481 2123566 pernah-berseteru-menkes-terawan-rangkul-idi-demi-majukan-pembangunan-kesehatan-4moFXTkgln.jpg Menkes Terawan dan IDI (Foto: Dewi Kania )

SELAMA ini banyak pemberitaan miring terkait Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) yang tidak setuju dengan pengangkatan Terawan Agus Putranto sebagai menteri kesehatan. Menkes Terawan pun mengunjungi Kantor Pusat PB IDI di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Mereka berdiskusi dan saling mendukung demi memajukan pembangunan kesehatan.

Menkes Terawan mengatakan dengan IDI hubungannya bak saudara kandung. Maka mereka harus tetap kompak demi kemaslahatan rakyat.

"Menteri Kesehatan kan tugasnya sebagai pelayan, saya melayani semuanya, apa keinginan IDI harus saya wadahi, demi kemaslahatan umat di dalam bidang kesehatan untuk ketahanan kesehatan nasional," ucap Menkes Terawan di Kantor PB IDI, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/10/2019).

 Dokter Terawan

Pertemuannya ini pun bukan pertama kalinya. Mereka saling memberikan masukan satu sama lain, demi memajukan pembangunan kesehatan di Indonesia.

Menkes Terawan bersama IDI akan terus bekerja bersama, baik dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, maupun membuat keputusan regulasi secara berlanjut. Tentunya sesuai dengan keinginan cita-cita luhur dari para dokter juga.

Sementara itu, Ketua Umum PB IDI dr Daeng M Faqih menyatakan prihatin atas pemberitaan miring, yang membuat banyak orang mencoba mengadu domba IDI dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), terkait pengangkatan Menkes Terawan. Adanya masalah tersebut pastinya bisa memecah belah IDI dan pemerintah.

 Dokter Terawan

"Kami tadi bertemu untuk diskusi santai. Kita ini harus kompak karena permasalahan kesehatan yang dihadapi ini luar biasa. Kalau tidak kompak, IDI sebagai stakeholder Kementerian Kesehatan, cukup khawatir persoalan yang banyak itu akan susah diselesaikan," ucapnya.

Untuk keanggotaan Menkes Terawan di IDI, rupanya tidak ada perubahan. Walau sudah menjadi menteri kesehatan, keanggotaannya belum dicabut.

Daeng pun memberikan saran baik kepada Menkes Terawan dalam membenahi pembangunan kesehatan di Indonesia yang berkelanjutan. Caranya yakni tidak putus komunikasi dan diskusi bersama, demi menyamakan komitmen.

"Misal kalau membahas regulasi, tata kelola, kita akan komitmen bersama-sama," imbuh Daeng.

Daeng juga berharap, Menkes Terawan dapat mengubah paradigma kesehatan. Jangan hanya menjadi regulator agar semua stakeholder bisa berkolaborasi memajukan pembangunan kesehatan.

"Kemenkes jangan hanya sekedar menjadi regulator, tapi menjadi penggerak. Itu paling penting, saya pikir kepemimpinan Menkes Terawan bisa melakukan itu," pungkas Daeng.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini