nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aksi Tingkatkan Kesadaran Kanker Payudara Lewat Tes Lirik Dada dengan Kamera Tersembunyi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 30 Oktober 2019 11:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 30 612 2123524 aksi-tingkatkan-kesadaran-kanker-payudara-lewat-tes-lirik-dada-dengan-kamera-tersembunyi-uE7Bwjp0QF.jpg Tingkatkan kesadaran kanker payudara lewat eksperimen lirik dada (Foto : VT)

Sebuah video untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kanker payudara berhasil menggemparkan media sosial pekan ini. Seorang wanita dengan sengaja meletakkan kamera tersebunyi di bagian dadanya untuk melihat sebanyak apa pria yang melirik payudaranya.

Wanita tersebut bernama Whitney Zelig. Ia dibantu oleh sang kakak yang bernama Chris untuk melakukan aksi meningkatkan kesadaran akan kanker payudara di depan publik. Ia membuat eksperimen dengan memasang kamera candid berukuran kecil di salah satu kancing pakaiannya yang berbelahan dada rendah.

Ia kemudian berjalan santai menyusuri jalan-jalan di New York, Amerika Serikat untuk mencatat berapa banyak orang yang memperhatikan payudaranya ketika berjalan. Secara mengejutkan, cukup banyak masyarakat yang melihat payudara Whitney dengan mengarahkan mukanya.

Kamera Tesembunyi

Lebih mengejutkannya lagi, bukan hanya pria yang melirik ke payudara Whitney, melainkan sejumlah wanita dan seekor anjing pun turut menatap payudara miliknya. Semua ekspresi wajah masyarakat terekam jelas dalam kamera yang diletakkan tersembunyi di payudaranya.

Sang kakak pun akhirnya mengunggah rekaman tersebut ke channel Youtubenya. Tak lupa ia pun memberikan pesan dalam video tersebut dengan mengajak para wanita lebih prihatin dan rutin untuk memeriksa payudara untuk menghindari kanker.

“Jangan lupa untuk memeriksa payudara Anda. Deteksi dini menyelamatkan nyawa. 40 persen dari kanker payudara yang didiagnosis terdeteksi oleh wanita yang merasakan benjolan, jadi pemeriksaan payudara sendiri secara teratur sangat penting. Pemeriksaan ini sangat sederhana dan hanya membutuhkan beberapa detik. Diketahui sejak dini, kanker payudara memiliki tingkat kelangsungan hidup sebesar 99 persen,” tulis Chris, sebagaimana dilansir VT, Selasa (29/10/2019).

Tak hanya Chris, Whitney pun ikut mengingatkan para kaum hawa agar lebih peduli terhadap kesehatan payudara. Ia pun memposting video ke kun media sosial Instagram-nya sebagai sosialisasi paling efektif yang bisa dilakukan.

Kamera tersembunyi

“Jangan lupa memeriksa payudara Anda. tahukah Anda 1 dari 8 wanita akan mengembangkan kanker payudara dalam hidup mereka? Deteksi dini menyelamatkan nyawa,” tulisnya.

Menurut National Cancer Foundation, wanita dari segala usia harus memeriksa benjolan payudara mereka minimal sebulan sekali. Seseorang bisa menggunakan sarung tangan untuk merasakan pola melingkar bergerak dari luar ke pusat. Wanita harus memeriksa seluruh area payudara dan ketiak, mengangkat lengan dan melihat apakah ada hal yang janggal.

Cek Payudara

Jika seseorang menemukan segala jenis benjolan seperti penebalan, atau pengerasan pada puting susu, maka tindakan terbaik adalah segera berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan apakah seseorang membutuhkan mammogram atau pembacaan ultrasound.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini