nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alex Tilaar Meninggal Dunia di Usia 87 Tahun, Sosok Pendidik Kebanggaan Indonesia

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 30 Oktober 2019 18:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 30 612 2123736 alex-tilaar-meninggal-dunia-di-usia-87-tahun-sosok-pendidik-kebanggaan-indonesia-0JiJ5800c1.jpg Sosok Alex Tilaar (Foto : @wulan_tilaar/Instagram)

Telah berpulang ke rumah Bapak di surga, Bapak Prof. H.A.R. Tilaar pada Rabu pagi, 30 Oktober 2019 pukul 10.48 WIB dalam usia 87 tahun. Alex Tilaar disemayamkan di Rumah Duka Sentosa, RSPAD Gatot Subroto, Ruang VIP G.

Ya, Prof. Dr. Henry Alexis Rudolf Tilaar, M.Sc.Ed. itu telah kembali ke pangkuan sang Ilahi. Kini, tinggal nama saja tapi karya Alex Tilaar akan tetap dikenang selamanya.

Bicara mengenai karya H.A.R. Tilaar, maka kita akan dibawa ke dunia pendidikan. Ya, sosok yang satu ini memberi dampak yang cukup berarti di dunia pendidikan.

alex dan istri

(Foto : @wulan_tilaar/Instagram)

Catatan terakhir menjelaskan, H.A.R. Tilaar yang merupakan suami dari Martha Tilaar ini ialah guru besar Emeritus pada Program Pascasarjana dan Direktur Utama Lembaga Manajemen Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Beberapa sumber menuturkan, semangat mengajar dan belajar Alex Tilaar itu sudah dipupuk sejak kecil karena dia adalah anak dari keturunan atau keluarga guru. Makanya, di usia senjanya pun dia tetap memberi peran dalam dunia pendidikan nasional.

Karier H.A.R. Tilaar

Sosok yang lahir di suatu desa yang relatif terpencil di tepi Danau Todano, Sulawesi Utara pada 16 Juni 1932 itu memulai karier pendidiknya sejak 1952. Ya, di usianya yang masih muda, Alex Tilaar sapaan akrabnya sudah menggeluti dunia pendidikan.

Kecintaanya pada dunia pendidikan membuatnya ingin mengabdi di bidang tersebut. Tercatat, hampir 45 tahun hidup Alex Tilaar untuk pendidikan hingga pada 1997 Tilaar menjadi guru besar di UNJ.

Alex Tilaar juga ditunjuk sebagai Guru Besar di Universitas Indonesia dan Universitas Kristen Indonesia Jakarta. Selama bergelut di bidang ini, Alex Tilaar dikenal aktif dengan bergabung di beberapa organisasi profesi, di antaranya Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISIP) sebagai anggota dewan penasihat dan menjadi Anggota Ikatan Sarjana dan Pengembangan Sosial Indonesia (ISPPSI).

om alex

(Foto : @wulan_tilaar/Instagram)

Selain itu, Alex Tilaar juga tercatat sebagai anggota Himpunan Indonesia untuk Pengembangan Ilmu-Ilmu Sosial (HIPIIS) dan anggota Asosiasi Dosen Indonesia (ADI).

Pencapaian Alex Tilaar yang cukup tersohor di usia senjanya ialah penghargaan yang diberikan untuknya dari salah satu universitas terkemuka di Amerika Serikat. Ya, pada 11 September 2009, Alex Tilaar mendapatkan penghargaan 'Distinguished Alumni Award' dari Indiana University School of Education.

Penghargaan 'Distinguished Alumni Award' itu merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan setiap tahunnya oleh Indiana University School of Education. Di tahun yang sama, penghargaan itu diberikan ke tiga alumbus yang telah memberikan kontribusi besar bagi pengembangan dunia pendidikan di negaranya masing-masing.

Tercatat juga di sana bahwa H.A.R. Tilaar adalah orang pertama dari Indonesia yang menerima penghargaan tersebut. Tentu ini menjadi kebanggaan untuk bangsa Indonesia dan tak akan pernah dilupakan.

Kisah cinta H.A.R Tilaar dengan Martha Tilaar

Sedikit kisah cinta mengenai dua sejoli ini. Menurut beberapa sumber, Alex dan Martha bertemu di kampus. Jadi, Martha diketahui merupakan murid dari Alex dan dia kepincut akan kecerdasan pria berdarah Manado tersebut.

Singkat cerita, Alex dan Martha Tilaar menikah pada 1963. Mereka kemudian dikaruniai empat orang anak yaitu Bryan Emil Tilaar, Pinkan Tilaar, Wulan Tilaar, dan Kilala Tilaar.

Alex Tilaar

Keduanya menjadi sosok inspiratif untuk bangsa ini dan tentu dengan kabar meninggalnya Alex, ini menjadi duka mendalam tidak hanya bagi keluarga Tilaar, tetapi untuk bangsa Indonesia. Selamat jalan, sosok inspiratif bangsa. Jasamu akan selalu dikenang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini