Share

Unik, 12 Seniman Tuangkan Karya di Botol Minuman

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 30 Oktober 2019 23:28 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 30 612 2123867 unik-12-seniman-tuangkan-karya-di-botol-minuman-2NGAchp8lN.jpg Desain botol minuman karya seniman (Foto: Utami Riyani/Okezone)

Sebanyak 12 seniman grafis kontemporer menuangkan karyanya di botol minuman kemasan. Mereka adalah Abenk (Hardthirteen), Darbotz, Ian Permana (Iannocent), Gandhi Eka (Supergunz), Angga Tantama, Muhammad Misrad (Mice), Raden Fajar Hadria Putra (Ghosty’s Comic), Muchlis Fachri (Muklay), Elfan Deniharza (Elfandiary), Erwin Indrawan (Eindraw), Herzven Herlambang (Herzven), dan Erica Hestu Wahyuni.

Seni grafis kontemporer sendiri memang merupakan salah satu sub sektoral yang sedang naik daun. Menjadi bagian dari industri kreatif, sekarang banyak masyarakat menyadari kehadiran seniman grafis kontemporer dan menggunakan karya-karya mereka.

 Botol minuman

"Ini pengalaman baru dalam urusan packaging. Saya sangat bersyukur sudah diberikan kesempatan dan saya harap kerjasamanya lebih lama lagi," ujar Raden Fajar Hadria Putra dari Ghosty’s Comic saat ditemui di sela-sela peluncuran kampanye Teh Gelas Coolabs, di Mal Lippo Kemang Village, Jakarta baru-baru ini.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh World Conference Creative Economy pada 2018, kontribusi industri kreatif terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia adalah sebesar 7,3 persen atau setara dengan Rp852 triliun selama 3 tahun terakhir, dan telah menyerap hampir 16 juta pekerja.

Harianus Zebua selaku Head of Corporate and Marketing Communication OT Group mengatakan ini adalah bentuk dari memberikan dukungan kepada para artis grafis kontemporer untuk mengenalkan karya-karya mereka ke masyarakat luas.

"Mereka bisa menuangkan gagasan dalam bentuk visual menarik dan unik, sembari menyampaikan pesan-pesan positif melalui karya-karya spektakuler tersebut," tutur Harianus.

Ia menambahkan, tidak gampang untuk berkolaborasi dengan 12 seniman tersebut. Namun ini adalah tantangan yang harus dihadapai demi mempromosikan karya-karya seniman tersebut.

"Karya mereka tersebar dari Sabang sampai Merauke melalui 10 juta botol kemasan, jadi masyarakat tahu artis-artis kita karyanya keren," lanjutnya.

Ia juga yakin para konsumen milenial lebih tertarik untuk membeli minuman kemasan berdesain unik dibanding kemasan yang biasa-biasa saja.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini