nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Video Smartphone Meledak di Dalam Pesawat, Ini Faktanya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 31 Oktober 2019 18:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 31 612 2124170 viral-video-smartphone-meledak-di-dalam-pesawat-ini-faktanya-r8fhDNp6as.jpg Ponsel meledak di pesawat (Foto: Shutterstock)

KEADAAN panik terlihat di dalam pesawat dalam suatu video viral. Dalam keterangan video, kejadian itu akibat meledaknya ponsel yang berada di dalam tas penumpang.

Video viral itu dibagikan akun Twitter @anditoaja. Diterangkan dalam keterangan video, HP itu meledak karena terus mencari sinyal sehingga menyebabkan baterai ponsel menjadi panas dan rentan meledak.

 

"Saat naik pesawat, HP sebaiknya dimatikan atau diaktifkan dalam mode pesawat. HP aktif akan terus mencari sinyal sehingga menyebabkan baterai HP menjadi panas dan rentan meledak. Sayangnya, ini tak pernah dijelaskan awak pesawat. Adanya cuma melarang saja," terang si netizen di keterangan video.

Di video tersebut, bisa dilihat kalau bangku penumpang pesawat sedang dirapikan karena beberapa barang tumpah keluar dan mengotori pesawat. Kemudian, kamera diarahkan ke dalam isi tas yang ternyata tempat barang yang meledak.

Saat isi tas diperlihatkan, Anda juga bisa lihat di sana ada asap yang mengepul keluar. Itu menandakan kalau kejadian meledaknya ponsel belum lama terjadi setelah rekaman ini dilakukan.

Pramugari yang bertugas untuk memadamkan api pun menyemprotkan isi dari tabung pemadam yang tersedia di dalam pesawat. Suasana saat itu sangat riuh dan beberapa penumpang yang berada di sekitar tempat kejadian pun diberi masker untuk menghadang asap supaya tidak terhirup.

 

Video ini sudah ditonton sebanyak 141,3 ribu kali di media sosial. Tidak bisa dipastikan juga berapa kerugian yang dialami.

Tapi, tahukah Anda kalau yang sebenarnya meledak bukanlah ponsel melainkan powerbank. Ya, itu juga diterangkan si netizen di unggahan berikutnya.

Di sana ia menerangkan kalau video ini merupakan insiden meledaknya powerbank yang terjadi di pesawat Royal Brunei Darussalam rute Hongkong - Bandar Sri Begawan dengan nomor penerbangan 1636 pada 3 Januari 2019. Bukan ledakan ponsel.

Meski begitu, netizen sudah banyak berkomentar tentang video tersebut. Seperti beberapa komentar yang berhasil dipantau Okezone berikut ini,

"Peraturan ada juga bukan karena asal larang. Hobinya ngeyel aja," kata @syurliasyu.

"Melarang itu sudahpasti ada alasannya. Kalau tidak dijelaskan, ya, cari tahu dong. Jangan cuma phone yang smart, masnya juga perlu," tulis @deemandiri.

"Saat menyupir mobil, sebaiknya tidak sambil tidur. Mobil yang menabrak bisa mengakibatkan mobil ringsek hingga merenggut nyawa pengendara. Sayangnya, tidak dijelaskan akibat menyupir sambil tidur. Adanya cuma melarang saja," cuit @nengcalis.

"Sebaiknya petugas cabin pesawat harus mengumumkan berulang-ulang dan memastikan agar semua HP dan charger penumpang dalam kondisi mati. Ada penumpang yang tidak mau tahu dengan aturan dan tidak mendengarkan pengumuman. Ada juga penumpang yang baru pertama kali naik pesawat tapi sok, tidak mau bertanya," tulis @mar33_cj.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini