nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Habis Cabut Gelar Selir, Ini 5 Fakta Raja Thailand Maha Vajiralongkorn yang Jadi Sorotan

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 01 November 2019 00:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 31 612 2124328 habis-cabut-gelar-selir-ini-5-fakta-raja-thailand-maha-vajiralongkorn-yang-jadi-sorotan-1vZOW13L1F.jpg Raja Thailand Vajiralongkorn (Foto: Reuters)

Sosok Raja Thailand Maha Vajiralongkorn sempat menjadi sorotan usai mencopot semua gelar dan pangkat selirnya karena dianggap melakukan perbuatan tidak hormat. Tak berapa lama, ia juga memecat sejumlah pejabat negara karena perilakunya. Hal lain yang membuatnya mencuri perhatian banyak orang adalah kekayaannya.

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn telah dinobatkan sebagai raja terkaya di dunia. Perkiraan kekayaannya mencapai USD 30-43 miliar atau setara dengan Rp422-605 triliun. Jumlah kekayaannya ini mengalahkan Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei yang berada di posisi kedua dan Raja Salman bin Abdul Aziz al-Saud dari Arab Saudi di posisi ketiga.

Selain harta kekayaannya yang bernilai fantastis, masih banyak hal menarik dari Raja Vajiralongkorn. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya seperti yang Okezone kutip dari South China Morning Post, Jumat (1/11/2019):

1. Menempuh pendidikan di 3 negara

Laki-laki berdiri

(Foto: BBC)

Sebagai seorang anak dari keluarga kerajaan, Raja Vajiralongkorn pernah belajar di sekolah istana di Bangkok. Tetapi pada usia 13 tahun ia dikirim ke dua sekolah swasta di dua negara berbeda. Dirinya belajar selama lima tahun di Inggris dan satu tahun di Sydney, Australia,

Raja Thailand menghabiskan waktu empat tahun berikutnya untuk dilatih di Royal Military College, Duntroon di Canberra. Selanjutnya ia menjalani pelatihan militer di Thailand dan menjadi perwira di angkatan bersenjata. Dirinya tercatat sebagai pilot sipil yang penuh tekad dan memiliki kualifikasi mumpuni. Ia bahkan menerbangkan Boeing 737 sendiri ketika bepergian ke luar negeri.

2. Sebagian besar kekayaan tersimpan di Biro Properti Crown

Raja Vajiralongkorn tercatat memiliki 16.210 hektar tanah di Thailand dengan 40 ribu dikontrakan secara nasional dan 17 ribu berada di ibu kota negara yakni Bangkok. Semuanya tersimpan di Biro Properti Crown. Kepemilikan tanah tersebut diperkirakan bernilai USD 33 miliar atau setara dengan Rp464 miliar.

 Laki-laki duduk

3. Memiliki batu permata berlian terbesar di dunia

Fakta menarik lainnya adalah Raja Thailand memiliki perhiasan Golden Jubilee Diamond. Perhiasan tersebut menjadi bagian dari perhiasan mahkota dan merupakan berlian dengan 546.67 karat. Ukurannya yang besar membuat perhiasan itu semakin menakjubkan. Berlian tersebut diperkirakan bernilai USD 4 -12 juta atau setara dengan Rp56-168 miliar.

4. Kekayaan bersih berada ada di saham

Pada tahun 2018, Biro Properti Crown mengumumkan aset yang sebelumnya dimiliki oleh Properti Crown akan ditransfer ke Raja Vajiralongkorn. Dirinya diperkirakan memiliki 23 persen saham di Siam Commercial Bank dan 33,3 persen saham di Siam Cement Group. Kedua kepemilikan itu bernilai USD 9 miliar atau setara dengan Rp126 triliun.

 

5. Telah menikah empat kali

Pernikahan pertama Raja Vajiralongkorn berlangsung pada tahun 1977. Kala itu ia menikah dengan sepupunya, Putri Soamsawali Kitiyakara. Mereka memiliki anak pertama bernama Putri Bajarakitiyabha. Namun pernikahan itu hanya bertahan selama 16 tahun karena mereka bercerai.

 Laki-laki dan perempuan

Setelah menjadi lajang dan berkenalan dengan banyak perempuan, Raja Vajiralongkorn menikah dengan aktris Thailand, Sujarinee Vivacharawongse. Sayang pernikahan kedua itu hanya berlangsung 4 tahun. Lalu pada tahun 2001, raja menikahi istri ketiganya yakni Srirasmi Suwadee.

Suwadee kemudian melahirkan Pangeran Dipangkorn pada tahun 2005. Namun sang raja kembali mengakhiri pernikahannya meskipun sudah berumah tangga selama 13 tahun.

Dia tak bisa mentolerir istri ketiganya karena menyalahgunakan koneksi mereka dengan Putra Mahkota. Raja Vajiralongkorn menikah untuk keempat kalinya pada Mei 2019 lalu. Pilihannya jatuh pada Suthida Bajrasudhabimalalakshana.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini