nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tour de Kepri 2019 Perkuat Branding Paket Wisata Destinasi Pulau Penyengat

Jum'at 01 November 2019 11:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 01 12 2124505 tour-de-kepri-2019-perkuat-branding-paket-wisata-destinasi-pulau-penyengat-YUrsQQfPYh.jpg Foto: dok Kemenpar

TANJUNGPINANG – Momentum branding terbaik didapatkan destinasi Pulau Penyengat. Destinasi ini berada di Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri). Beragam paket menarik ikut ditawarkan dalam Tour de Kepri 2019. Sedikitnya ada 8 experience paket wisata yang dikemas melalui Your Great Escape.

Tour de Kepri 2019 akan digelar 1-3 November. Dikemas dalam format etape, balapan akan melintasi 3 wilayah di Kepri sekaligus. Ada kota Tanjungpinang, Bintang, dan Batam. Startnya dimulai dari Dompak Criterium Tanjungpinang, Jumat (1/11/2019).

Berada di Tanjungpinang tentu jadi momentum menarik. Sebab, kota ini terhubung langsung dengan warisan tak ternilai Peradaban Melayu di Pulau Penyengat.

“Pulau Penyengat merupakan destinasi penting. Sebab, destinasi ini pusat peradaban Melayu melalui Kerajaan Riau. Ada beragam experience yang bisa dinikmati oleh wisatawan saat berkunjung ke Pulau Penyengat. Beragam warna eksotis ini tentu kami kenalkan pada peserta Tour de Kepri 2019. Kami harap mereka bisa datang ke sana,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar, Jumat (1/11/2019).

Seluruh rider sepeda peserta Tour de Riau 2019 kini sudah berkumpul di Tanjungpinang. Mereka datang dari 28 negara dengan jumlah total sekitar 318 nama. Mengenal beragam keindahannya, mereka ini bisa mencoba beragam paket wisata Your Great Escape. Apalagi, paket ini sudah menjalani Uji Trail pada 24-27 Juli 2019. Ketua HPI Tanjungpinang Raja Farul mengatakan, Pulau Penyengat memiliki banyak situs.

“Pulau Penyengat destinasi luar biasa. Ada 46 situs Cagar Budaya, beberapa diantaranya tradisi tulis. Ada banyak karya besar hingga karya itu menjadi dasar Bahasa Indonesia. Pulau Penyengat juga memiliki bangunan-bangunan peninggalan Kerajaan Riau. Bentuknya utuh. Pokoknya semua keunikan ini sudah dikemas melalui paket-paket wisata menarik,” kata Farul.

Menikmati eksotisnya masa silam Kerajaan Riau, wisatawan bisa memulai eksplorasinya dari Tur Mesjid Raya Sultan Riau. Berdurasi 30 menit, wisatawan akan diajak menyusuri simbol kedalaman pikiran dan wawasan negeri Melayu tersebut. Berikutnya, wisatawan bsia menikmati Tur Sejarah Pulau Penyengat. Ada 2 moda yang ditawarkan, yaitu bentor dengan durasi sekitar 3 jam atau tur 4 jam memakai sepeda.

Tur Sejarah Pulau Penyengat akan membawa wisatawan masuk ke dimensi 200 tahun silam. Sebab, ada beragam story peran Pulau Penyengat bagi Kerajaan Riau-Lingga-Pahang-Johor yang diberikan. Story ini diberikan sembari mengunjungi beberapa situs penting di sana yang masih utuh secara fisik. Semakin menginspirasi, Pulau Penyengat juga menawarkan Tur Literasi dengan durasi 1,5 Jam hingga 2 Jam.

Sembari menyusuri situs berharga Pulau Penyengat, wisatawan dikenalkan dengan karya-karya literasi berharga dari cendekia Kerajaan Riau. Menyempurnakan experience, konten Pengalaman Gurindam pun ikut ditawarkan dengan durasi 1,5 Jam. Gurindam XII merupakan warisan Imperium Melayu dengan nilai tinggi. Dengan paket ini, wisatawan akan diajak mempelajari dan diajari cara membaca Gurindam.

“Destinasi Pulau Penyengat rekomendasi bagi peserta Tour de Kepri. Destinasi ini sangat menginspirasi dengan banyak situs budaya yang bisa dilihat. Beberapa bangunan bahkan utuh, seperti Rumah Hakim, Gedung Tabib, Istana Kantor, Gedung Mesiu, dan lainnya. Semuanya terlihat sangat eksotis,” terang Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati.

Paket Your Great Escape di Pulau Penyengat semakin memanjakan wisatawan dengan Pengalaman Membuat Tanjak. Dengan durasi 1,5 jam, wisatawan pun akan diajarkan cara melipat Tanjak. Mirip seni origami di Jepang, para wisatawan juga dikenalkan dengan beragam filosofi Tanjak. Experience makin lengkap dengan Pengalaman Berbusana Melayu. Sebab, mereka bisa berfoto pada beberapa spot unik.

Kekayaan imperium Melayu semakin menarik dengan paket wisata Kelas Memasak. Selama 3 Jam, para wisatawan akan dikenalkan teknik memasak ala Kerajaan Melayu. Mereka pun akan membuat beragam kuliner dengan resep otentik. Dan, paket Your Great Escape ditegaskan melalui Pengalaman Kuliner Melayu. Sembari menikmati kuliner Melayu, wisatawan akan diajarkan tata cara ritual menyantapnya.

Untuk menikmati seluruh paket menarik ini, wisatawan bisa datang langsung ke Pulau Penyengat. Spot ini terkoneksi langsung melalui laut ke Stulang Laut, Johor, Malaysia. Rute tersebut dilayani Kapal Ferry, frekuensinya 3 kali sehari. Pulau Penyengat juga terhubung dengan Tanah Merah, Singapura, dan setiap hari ada 4 kali pelayaran. Untuk informasi lebih lanjut bisa telepon +6281364592020 dan +6287791763621.

“Paket wisata Pulau Penyengat selalu membuat penasaran karena sangat menginspirasi. Pangsa pasar paket ini sudah merambah mancanegara, seperti wisatawan Malaysia. Kami berharap para peserta Tour de Kepri 2019 bisa ikut mengeksplorasinya. Mereka semua bisa datang setiap saat ke Pulau Penyengat,” tutup Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.(cm)

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini