nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perhatikan! Ini 5 Aturan di Bandara agar Barang Bawaan Tidak Disita

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 02 November 2019 09:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 01 406 2124620 perhatikan-ini-5-aturan-di-bandara-agar-barang-bawaan-tidak-disita-vI8d4ow3Z9.jpg Aturan di bandara yang harus dipatuhi (Foto: Thecheatsheet)

MELEWATI proses pemeriksaan di bandara terkadang memang menyebalkan. Salah satunya ialah berhadapan dengan orang-orang yang tidak paham dengan aturan dasar saat check-in melewati pemeriksaan di bandara. Padahal memahami aturan-aturan dasar aturan saat di bandara, dapat membantu proses pemeriksaan bisa jadi lebih mudah dan cepat.

Tidak hanya itu, dengan mengetahui aturan dasar di bandara juga dapat menghindari barang-barang bawaan kita disita oleh petugas loh!

Nah, apa saja sih sederet aturan di bandara yang harus dipatuhi agar barang-barang bawaan tidak disita? Merangkum Travelchannel dan Cheaplights, Sabtu (2/11/2019) yuk baca dulu penjelasannya berikut ini.

 Infografis bandara

1. Memisahkan gadget

Traveling dengan membawa laptop, power bank, atau peralatan elektronik lainnya? Jangan pernah memasukannya ke dalam koper yang akan diletakkan ke bagasi. Ya, barang sejenis laptop atau gadget lainnya memang harus dipisahkan. Saat melewati X-Ray di bandara, laptop harus dikeluarkan dari tas pembungkusnya dan dimasukkan ke dalam baki bersama dengan tas lain yang dijinjing.

2. Batasi membawa cairan

Membawa segala produk skincare ataupun produk peralatan untuk mandi? Ingat, jangan bawa terlalu banyak karena bawaan berbentuk liquid atau cairan itu punya ukuran terbatas untuk bisa dibawa. Batasi cairan, gel, dan aerosol yang dibawa, usahakan hanya 3 ounces atau 88 mililiter dan tempatkan semuanya di tas yang transparan dan terkancing rapat seperti zip-bag khusus traveling. Patuhi atau siap-siap saja skincare Anda disita oleh petugas bandara.

 Bandara

3. Berpakaian praktis

Jangan membuat antrian di X-ray atau metal detector menjadi lama hanya karena kita lama melecuti berbagai aksesori yang menempel di tubuh. Hindari memakai pakaian berlapis, karena ini artinya kita harus melepaskan jaket yang dipakai. Sebisa mungkin hindari memakai ikat pinggang, topi, jam, dan aneka perhiasan.

4. Tidak membawa barang-barang berbahaya

Gunting kuku, gunting, ataupun korek api adalah tipe barang yang bisa dibeli di mana pun. Jadi tak perlu membawa barang-barang seperti ini dari rumah, karena sejatinya bisa dibeli begitu Anda sampai di destinasi tujuan.

 Ilustrasi packing

5. Batasi barang bawaan

Pada dasarnya, setiap airlines membatasi barang bawaan yang bisa dijinjing setiap penumpang walaupun yang membawa anak sekalipun. Ingat saja aturan dasar, jika diri sendiri tidak bisa membawa segala barang bawaan tanpa bantuan troli bagasi, ini artinya barang bawaan Anda terlalu banyak! Selain jumlahnya yang jangan terlalu banyak, pastikan juga di setiap tas yang dibawa kita tidak memasukkan barang-barang yang dilarang untuk dibawa, jika tidak ingin barang kita disita paksa oleh petugas. Jika tidak yakin, periksakan dahulu ke pihak airlines atau petugas yang berwenang apakah barang tersebut aman untuk dibawa atau tidak.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini