nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konsumsi Wortel Saja Tak Cukup Bikin Mata Sehat, Ini Penjelasan Dokter

Viola Triamanda, Jurnalis · Jum'at 01 November 2019 15:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 01 481 2124559 konsumsi-wortel-saja-tak-cukup-bikin-mata-sehat-ini-penjelasan-dokter-fo6oQtqR64.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Mata merupakan indera yang membuat seseorang bisa mensyukuri indahnya ciptaan Tuhan. Tapi sayang sekali, survei menyatakan bahwa kesadaran masyarakat terhadap kesehatan mata sangatlah rendah.

Mungkin Anda tidak asing lagi dengan istilah makan wortel untuk kesehatan mata. Tapi nyatanya, wortel tidak seutuhnya bisa membuat mata menjadi lebih sehat dan penglihatan menjadi lebih tajam.

 perempuan memegang wortel

Hal ini diungkapkan oleh dr. Rita Ramayulis yang tergabung dalam Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI).

"Tidak semata-mata ketika kamu mengonsumsi wortel maka akan langsung berdampak ke penglihatanmu. Wortel mengandung pro vitamin A yang bisa berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh ketika kamu mengonsumsi protein hewani dan protein nabati. Jadi harus ada keseimbangan antara protein dan provitamin A," terang dr. Rita Ramayulis dalam acara World Sight Day di Jakarta, Kamis, 31 Oktober 2019.

Menurut dr. Rita, banyak masyarakat saat ini yang mengonsumsi gizi tidak seimbang, sehingga produktivitas semakin berkurang. Hal ini berdampak ke banyak aspek, termasuk membuat fungsi mata semakin menurun.

"Banyak orangtua yang masih berkutat dengan mindset bahwa mereka memberi anak mereka makan itu tujuannya adalah agar kenyang dan tidak rewel. Tapi mereka lupa memperhatikan keseimbangan gizi yang masuk ke dalam tubuh anak," lanjutnya.

Oleh sebab itu, ketika matanya tidak berfungsi dengan baik, hal ini bisa memengaruhi tingkat produktivitasnya, dampaknya seperti mata akan merasa gampang lelah sehingga ia malas belajar.

"Untuk gizi yang cukup anak harus mengonsumsi karbohidrat, protein, sayur dan buah-buahan. Jika sayurnya tercukupi meskipun tidak ada wortel di sana, ya tidak apa-apa," tandasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini