nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perempuan Sering Nangis Tanpa Sebab? Ternyata Ini Penyebabnya

Jum'at 01 November 2019 17:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 01 612 2124580 perempuan-sering-nangis-tanpa-sebab-ternyata-ini-penyebabnya-4T1GpHvrWP.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SERING bingung kenapa perempuan tiba-tiba menangis tanpa sebab? Mungkin Anda berpikir salah bicara atau ada yang menyinggung perasaan mereka, tapi ternyata memang ada loh, perempuan yang menangis tanpa sebab.

Perasaan yang begitu sensitif, membuat perempuan sangat sangat peka terhadap berbagai hal. Mungkin Anda pernah melihat teman perempuanmu tiba-tiba menitikkan air mata.

Bahkan, mereka sendiri akan kebingungan, jika ditanyakan kenapa menangis. Biasanya, mereka juga tidak bisa menjelaskan hal apa yang menjadi penyebab kesedihannya.

Jika sudah begini, Anda sebaiknya tidak mengganggunya. Cukup berikan hiburan dengan menceritakan hal-hal lucu agar dia melupakan kesedihannya sejenak.

Tapi, Anda tentu penasaran bukan apa yang menyebabkan seorang perempuan menangis secara tiba-tiba? Simak ulasan yang dihimpun dari Better Help, seperti dilansir dari Solopos.com berikut:

 Cukup berikan hiburan dengan menceritakan hal-hal lucu agar dia melupakan kesedihannya sejenak.

Depresi

Orang yang depresi memang tidak terlihat dari penampilan luarnya. Bisa saja dia tertawa dan bertingkah seperti tidak ada masalah. Namun, sebenarnya dia sedang mengalami depresi. Hal ini ditandai dengan munculnya perasaan sedih terus menerus.

Teringat memori buruk

Trauma atau segala memori buruk jelas membawa kesedihan. Bahkan, memori tersebut bisa saja tersembunyi di dalam pikiran dan suatu saat menyebabkan masalah. Saat tiba-tiba sedih hingga menangis, bisa saja pikiranmu sedang melayang pada ingatan buruk tersebut.

Merasa kehilangan

Kehilangan apapun jelas menimbulkan kesedihan. Termasuk kehilangan figur orang yang dicinta. Meski raganya ada, bisa jadi kehadirannya tidak terasa sehingga menimbulkan kesedihan.

PMS

perempuan adalah makhluk unik dengan segala karakternya. Mereka memiliki siklus menstruasi yang memengaruhi berbagai hal dalam kehidupan, termasuk perasaan. Hormon di dalam tubuh perempuan biasanya berubah drastis saat menjelang menstruasi. Mereka cenderung sangat sensitif dan mudah lelah.

Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan, menangis dengan semua perasaan dan emosi ternyata dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Karena hormon-hormon dari tangisan yang emosional membantu meningkatkan level kortisol, di mana ini terjadi ketika Anda memiliki emosi yang sudah dibendung lama.

Faktanya, air mata yang disebabkan oleh stres memiliki kemampuan untuk menghilangkan beberapa jenis zat beracun dari tubuh. Itulah sebabnya ahli biokimia William Frey memberikan kesimpulan, menangis membantu menghilangkan zat-zat beracun yang cenderung menumpuk ketika manusia sedang tertekan secara emosional.

 zat-zat beracun yang cenderung menumpuk ketika manusia sedang tertekan secara emosional.

Selain itu, tubuh kita tidak akan menyimpan lebih banyak lemak lagi ketika kita mencucurkan air mata, karena semua hormon stres akan segera dilepaskan melalui proses menangis ini.

Penelitian juga mengatakan bahwa Anda hanya dapat mendapatkan manfaat ini jika Anda menangis yang dipicu oleh emosi yang nyata. Ada 3 jenis air mata, yaitu;

1. Air mata basal atau air mata fungsional dasar yaitu berguna untuk menjaga kelembapan mata kita

2. Air mata refleks atau air mata iritasi yang tanpa sengaja kita tumpahkan karena dipicu stres lingkungan seperti asap dan angin

3. Air mata psikis yang terkait dengan perasaan kita yang sebenarnya dan emosi manusia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini