nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas, Foto Selfie Pose 2 Jari Bisa Memicu Tindak Kejahatan!

Viola Triamanda, Jurnalis · Sabtu 02 November 2019 10:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 02 194 2124888 awas-foto-selfie-pose-2-jari-bisa-memicu-tindak-kejahatan-fUFj1gpaFd.jpg Foto Selfie (Foto: Shutterstock)

SALAH satu pose andalan para wanita ataupun pria foto selfie adalah dengan membentuk tanda “peace” menggunakan dua jarinya. Namun ternyata hal tersebut bisa berdampak bahaya.

Pihak berwenang di China menyatakan bahwa hal tersebut berisiko membuat identitas orang yang ada di dalam foto dapat dicuri. Meskipun kamu tidak melakukan foto selfie, namun hanya berfoto biasa dengan menggunakan lambing peace dan memperlihatkan jemari mu yang cukup jelas maka itu dianggap berbahaya.

Foto selfie

Karena para penjahat cyber berkemungkinan besar untuk membuat replika sidik jari sehingga keamanan identitas kamu yang menggunakan sidik jari bisa dicuri. Dan hal ini tentu mengancam keamanan kamu. Klik halaman selanjutnya untuk risiko foto selfie dengan menunjukkan dua jari.

Mungkin terdengar mustahil, tetapi hal ini dibuktikan oleh ahli keamanan Jan Krissler yang dinyatakan berhasil membuat replika sidik jari dari menteri pertahanan Jerman pada tahun 2014 lalu. Tiruan sidik jari tersebut dinyatakan didapat dari sebuah acara konferensi pers yang dihadiri sang menteri.

 Foto selfie

Namun meskipun begitu kejahatan ini terbilang sulit dilakukan, karena harus menggunakan kamera yang beresolusi tinggi dan kepiawaian untuk mengakses software untuk membuat tiruan sidik jari.

Namun kalian harus tetap berhati-hati, karena kejahatan tentu bisa terjadi di mana saja dan dengan cara apa saja. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa berpose dengan tidak menunjukkan kedua jarimu.

Foto selfie

Jika kamu masih menggunakan pose tersebut, kamu bisa memastikan keamanan data yang kamu miliki tidak menggunakan sidik jari, kamu dapat menggantinya dengan password yang sulit diketahui dan ditebak oleh orang-orang sekitar. Kamu harus tetap waspada.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini