nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Memperbaiki Hubungan Asmara yang Sudah di Ujung Tanduk

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 03 November 2019 00:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 02 196 2124840 5-cara-memperbaiki-hubungan-asmara-yang-sudah-di-ujung-tanduk-M8NFmYR8mA.jpg Ilustrasi (Foto : Lovepanky)

Banyak pasangan suami istri yang tetap bertahan dalam rumah tangga meskipun sudah tidak ada lagi keintiman dan rasa terikat satu sama lain. Kondisi ini ditandai dengan jarangnya pasangan suami istri berkomunikasi dan malah sibuk dengan urusannya masing-masing. Meskipun hubungan asmara sudah tidak sehat dan berada di ujung tanduk, pasangan suami istri ini tidak ingin berpisah.

Namun, bertahan dalam hubungan asmara yang tidak sehat tentu bukanlah sesuatu yang baik, termasuk untuk anak. Oleh karenanya, masing-masing pihak harus menemukan jalan keluar. Apabila tidak ingin berpisah, maka hubungan harus diperbaiki.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat hubungan kembali harmonis seperti dahulu. Melansir Your Tango, inilah 5 cara untuk memperbaiki hubungan :

1. Bersikap jujur

coba jujur

Hal pertama yang harus dilakukan adalah berbicara secara terbuka kepada pasangan mengenai masalah yang sedang terjadi. Lakukan pembicaraan tersebut hanya berdua saja dengan pasangan, tanpa ada orang lain apalagi anak. Ungkapkan isi hati tenang agar bisa ditemukan solusi dari akar permasalahan dari hubungan asmara Anda.

2. Buat daftar keinginan

Salah satu faktor yang membuat hubungan dengan pasangan meregang lantaran ada sifat atau perilaku yang tidak disukai namun hanya dipendam. Bisa juga karena pasangan tidak memenuhi ekspektasi.

buat daftar

Oleh karenanya, untuk mengatasi situasi ini, cobalah menulis daftar keinginan satu sama lain menyangkut hal-hal yang tidak disukai dan harapan untuk pasangan. Buatlah daftar keinginan yang benar-benar kondusif dan bisa menyelamatkan hubungan.

3. Menyelesaikan masalah yang tidak terselesaikan

di ranjang

Tidak menemukan jalan keluar dari suatu masalah juga dapat membuat hubungan terganggu. Masalah yang berlarut-larut biasanya membuat masing-masing pihak kehilangan respek terhadap pasangan. Oleh karenanya, selesaikan dulu masalah satu per satu hingga semuanya menjadi jelas.

4. Memeriksa kemajuan satu sama lain

perika harapan

Setelah mengetahui perubahan dan harapan dari daftar keinginan, cobalah untuk berubah. Berikan jangka waktu untuk melihat sudah sejauh mana perubahan itu terjadi. Memeriksa kemajuan dari perubahan secara berkala dapat membuat pasangan suami istri mampu menghadapi masalah lain yang lebih besar di kemudian hari.

5. Meningkatkan keintiman

coba intim

Setelah semuanya mulai membaik, cobalah meningkatkan keintiman. Salah satu caranya dengan mulai berhubungan seks lagi dan mencoba sesuatu yang berbeda. Tak bisa dipungkiri jika hubungan seksual adalah jalan untuk memperbaiki hubungan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini