nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Monyet Selfie yang Bikin Heboh dan Raih penghargaan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 03 November 2019 16:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 03 612 2125123 monyet-selfie-yang-bikin-heboh-dan-raih-penghargaan-eqC87eZJO1.jpg Ilustrasi. Foto: Mirror

TAK hanya manusia yang gemar selfie, monyet pun juga sepertinya gemar berpose di depan kamera. Buktinya seekor monyet asal Indonesia berhasil meraih penghargaan “Person of the Year” karena foto selfienya yang dibuat secara tidak sengaja.

Penghargaan “Person of the Year” diberikan langsung oleh People for the Ethical Treatment of Animals (PETA). Penghargaan tersebut sebagai wujud penghormatan terhadap Naruto atas foto selfie hewan itu.

Naruto sendiri merupakan seekor kera hitam berjambul dengan seringai yang tampak konyol. Pada 2011, ia secara tidak sengaja menekan tombol shutter sambil menatap ke bawah lensa kamera.

Ilustrasi. Foto: Istimewa 

Kamera tersebut milik seorang fotografer alam asal Inggris David Slater. Kala itu ia bermaksud mengambil foto hewan di pulau Sulawesi. Alhasil foto langka ini dengan cepat menjadi viral di jagat maya.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Karena foto tersebut diambil sendiri (selfie) oleh sang monyet, maka Peta meluncurkan gugatan yang mengklaim Naruto yang berusia enam tahun harus dinyatakan sebagai pemilik fotonya.

"Selfie bersejarah Naruto menantang gagasan tentang siapa yang menjadi pribadi dan siapa yang bukan hingga mengakibatkan gugatan hukum. Ini pertama kali menyatakan hewan non-manusia sebagai pemilik properti, daripada dinyatakan sebagai properti sendiri," tutur pendiri PETA, Ingrid Newkirk, dilansir dari Strait Times, Minggu (3/11/2019).

Dalam suatu pernyataan, kasus foto ini sampai ke pengadilan dan memicu debat internasional di antara para pakar hukum. Mereka berpikir tentang kepribadian hewan dan apakah mereka dapat memiliki properti foto.

Slater menyatakan bahwa ia memiliki hak atas gambar-gambar itu sejak ia merekayasa ciptaannya. Kala itu ia memasang tripod dan berjalan pergi selama beberapa menit. Namun monyet itu telah mengambil kameranya dan melakukan selfie.

Fotografer Inggris itu awalnya memenangkan sidang pertama di California, tetapi PETA kemudian naik banding ke pengadilan yang lebih tinggi. Setelah melewati proses panjang, kasus ini akhirnya bisa diselesaikan.

Slater setuju untuk menyumbangkan 25 persen dari pendapatan masa depannya dari menggunakan atau menjual selfies Naruto untuk membantu melindungi habitat kera jambul di Indonesia.

Pihak berwenang dan aktivis juga telah mencoba membujuk penduduk desa di Sulawesi untuk berhenti mengonsumsi monyet yang terancam punah. Sebagaimana diketahui, monyet adalah salah satu dari banyak makhluk yang menjadi bagian dari makanan masyarakat adat setempat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini