nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sensasi Berendam Bersama Ikan Pari dan Hiu di Irukandji Shark and Ray Encounters

Alan Pamungkas, Jurnalis · Senin 04 November 2019 15:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 04 406 2125493 sensasi-berendam-bersama-ikan-pari-dan-hiu-di-irukandji-shark-and-ray-encounters-HMpQ6IV0DC.jpg Bermain bersama ikan pari dan hiu di Irukandji Shark and Ray Encounters (Foto: Alan Pamungkas/Okezone)

NEW SOUTH WALES - Ikan pari dan hiu salah satu binatang yang cukup dihindari ketika sedang berada di lautan. Banyak yang berharap tak bertemu dengan keduanya ketika sedang berenang di laut karena tak ingin merasakan sabetan buntut ikan pari dan gigitan hiu.

Namun, tempat konservasi Irukandji Shark and Ray Encounters menyediakan jasa untuk wisatawan yang ingin merasakan berendam dan memberi makan ikan pari dan hiu secara langsung.

 Bermain bersama ikan

Okezone dalam kegiatan famtrip bersama New South Wales Destination, ikut mencoba kegiatan tersebut di markas Irukandji Shark and Ray Encounters yang terletak di 686 Marsh Road, Bob Farm. Kegiatan memberi makan sambil berendam dipandu oleh tenaga ahli. Mereka menjelaskan cara yang tepat untuk memberi makan ikan pari dan hiu.

Beberapa bagian dari ikan pari dan hiu tak boleh dipegang dan sensitif. Jika dipegang, ikan pari dan hiu akan agresif karena merasa terancam.

 Bermain bersama ikan

"Mulut hiu dan ikan pari jelas bagian yang tak boleh dipegang. Kemudian bagian bawah, tempat beberapa organ penting berada. Itu bagian sensitif. Bagian atas boleh dipegang dengan sentuhan halus," ujar Kath, salah satu pemandu Irukandji Shark and Ray Encounters.

Di kolam pertama, kami menggunakan wetsuit dan alat memberi makan, sehingga tangan tak bersentuhan langsung dengan ikan pari dan hiu. Beberapa kali, peserta harus berendam untuk bisa memberi makan ikan pari dan hiu yang berada di dasar kolam.

 Bermain bersama ikan

Masuk ke kolam kedua, ikan pari dan hiu jauh lebih besar. Ikan pari yang memiliki buntut beracun (stingrays) pun terlihat. Selama tak membuat gerakan mendadak yang mengejutkan, akan aman memberi makan ikan tersebut.

Puncak adrenalin terasa ketika berada di kolam ketiga yang terdapat hiu besar berjenis Tawny Nurse Shark. Pemandu memberikan makan, dan pengunjung boleh menyentuh bagian atas hiu secara perlahan. Memegang kulit hiu yang kasar tersebut adalah pengalaman yang menyenangkan.

Pengunjung juga tetap harus waspada karena Tawny Nurse Shark dengan kekuatannya mampu mengisap 6 liter air perdetik. Sebelum masuk ke kolam, pengunjung juga wajib menggunakan sarung tangan agar tangan dan jari tak disangka cumi-cumi yang merupakan santapan hiu.

 Bermain bersama ikan

Untuk bisa merasakan sensasi berendam dan memberi makan ikan pari dan hiu di Irukandji Shark and Ray Encounter, pengunjung harus membayar 31.50 AUD (sekira Rp304 ribu) untuk orang dewasa, dan dan 19.50 AUD (sekira Rp188 ribu) untuk anak-anak usia 4-16 tahun. Untuk mahasiswa atau pelajar akan mendapatkan harga khusus dengan 27 AUD (sekira Rp260 ribu).

Selain mendatangi Irukandji Shark and Ray Encounter, Okezone juga mendatangi Worimi Sand Dune dan Birubi Beach, Anna Bay Port Stephens, Australian Reptile Park, Somersby dalam penjelajahan wisata di New South Wales.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini