nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asyik Menyelam, Pria Ini Temukan Telur Cumi-Cumi Raksasa

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 04 November 2019 10:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 04 612 2125364 asyik-menyelam-pria-ini-temukan-telur-cumi-cumi-raksasa-kYfgFVwCBG.jpg Telur cumi raksasa (Foto: VT)

SUATU video mendadak viral baru-baru ini. Video yang dibagikan di media sosial tersebut memperlihatkan seorang penyelam berhadapan dengan telur cumi-cumi raksasa. Telur tersebut terlihat penuh sesak dengan ribuan bayi cumi-cumi di dalamnya.

Video ini direkam penyelam tersebut di lepas pantai Norwegia oleh tiga orang penyelam menggunakan action cam. Tim penyelam ini bekerja untuk kapal riset REV Ocean. Dalam video tersebut, terlihat dengan jelas seorang pria menyelam mengelilingi gumpalan telur cumi-cumi.

 Telur cumi

Telur itu bening layaknya sebuah agar-agar yang ukurannya lebih besar dari ukuran orang dewasa. Video tersebut dibagikan oleh penyelam bernama Ronald Raasch pada 6 Oktober 2019. Dengan cepat video tersebut tersebar dan menjadi viral.

Sebagaimana dilansir VT, Senin (4/11/2019), para penyelam melihat telur cumi raksasa itu ketika hendak menjelajahi kapal bekas Perang Dunia ll. Kapal tersebut tenggelam di Ørstafjorden sekira 650 kaki (200 meter) jauhnya dari pantai. Pada kedalaman sekira 55 kaki.

Raasch awalnya tidak tahu apakah gumpalan itu, dan dia kemudian menggambarkan gumpalan itu sebagai "blekksprutgeleball", sebuah kata yang diterjemahkan menjadi "bola squid gel" dalam bahasa Norwegia.

Ternyata ini bukanlah telur cumi-cumi pertama yang terlihat oleh para penyelam dalam beberapa minggu terakhir. Menurut laporan terbaru Live Science, telur cumi lain telah terlihat di Spanyol, Prancis, dan Italia selama 30 tahun terakhir.

 Ilustrasi telur cumi

Telur yang berbentuk seperti jeli ini sangat halus sehingga sulit untuk mengambil sampel untuk pengujian tanpa memecahkannya. Mereka menambahkan bahwa sampel berhasil diambil dari satu gumpalan yang ditemukan di Mediterania pada 2017.

Analisis DNA yang dilakukan, mengkonfirmasi bahwa ini adalah telur dari cumi-cumi sirip pendek selatan (Illex coindetii). Menurut database kehidupan laut yang dikelola secara internasional, telur cumi-cumi ini berukuran pendek.

Rata-rata berdiameter sekitar 0,07 inci (0,2 sentimeter) ketika embrio siap menetas. Cumi-cumi sirip pendek betina dapat menghasilkan antara 50.000 dan 200.000 telur.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini