nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Fakta Tentang Srirasmi Suwadee, Mantan Istri Ketiga Raja Thailand yang Hilang bak Ditelan Bumi

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 04 November 2019 16:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 04 612 2125472 5-fakta-tentang-srirasmi-suwadee-mantan-istri-ketiga-raja-thailand-yang-hilang-bak-ditelan-bumi-nZ1NxGlIhJ.jpg Raja Thailand dan Srirasmi Suwadee (Foto: Reuters)

Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn dikenal publik sudah menikah dan bercerai beberapa kali. Salah satunya dengan sang mantan istri ketiga, Srirasmi Suwadee yang bersama dengan Maha Vajiralongkorn sejak 2001 hingga 2014 silam.

Publik kini hanya tahu bahwa Srirasmi harus angkat kaki dari kehidupan keluarga Raja Thailand, dan disebutkan tidak ada lagi yang melihat keberadaan Srirasmi Suwadee sejak 2014 lalu.

Penasaran seperti apa sosok tentang Srirasmi Suwadee, sang mantan istri ketiga Raja Thailand yang keberadaannya tak terlacak bak hilang ditelan bumi? Melansir Southchinamorningpost, Senin (4/11/2019) berikut ulasan singkat lima fakta tentang Srirasmi Suwadee.

 Laki-laki dan perempuan

1. Muncul di video kontroversial

Srirasmi Suwadee terlibat skandal pada 2007, saat ia muncul dalam sebuah video kontroversial bersama Raja Thailand. Dalam sebuah pesta perayaan ulang tahun anjingnya, Fufu, Srirasmi terlihat tidak mengenakan apa-apa selain G-string yang seksi. Tidak hanya berpakaian seksi, Srirasmi disebutkan juga memakan kue dari wadah makanan anjing yang terletak di lantai.

2. Titel kerajaan dicopot

Pada 2014, titel Putri alias titel kerajaan Srirasmi Suwadee dicopot setelah adanya tuduhan korupsi yang dilakukan oleh keluarganya. Pada tahun 2014, paman, orangtua, saudara perempuan dan tiga saudara lelaki Srirasmi Suwadee, dihukum karena melakukan beberapa kejahatan. Kejahatan tersebut termasuk lèse-majesté, atau memfitnah monarki, yang merupakan kejahatan besar di Thailand.

Selain itu, kejahatan lainnya ialah menggunakan koneksi politik untuk mengirim mantan tetangga ke penjara dengan tuduhan palsu. Pada 2015, kedua orangtua Srirasmi Suwadee dijatuhi hukuman dua setengah tahun penjara. Sedangkan Paman Srirasmi dituduh melakukan penyelundupan dan pemerasan selain lèse-majesté, dan dijatuhi hukuman lebih dari 30 tahun penjara. Sementara tiga saudara laki-lakinya masing-masing dihukum lima setengah tahun.

 Orangtua dan anak

3. Dipaksa meninggalkan anak

Dicopotnya titel kerajaan sekaligus meninggalkan kerajaan, membuat Srirasmi Suwadee harus angkat kaki dari rumah kerajaan. Hal ini membuat Srirasmi Suwadee harus meninggalkan sang putra, Pangeran Dipangkorn Rasmijoti, sang pewaris tahta setelah Raja Maha Vajiralongkorn. Kabarnya ada foto-foto yang beredar online, momen pertemuan terakhir antara Srirasmi dengan sang putra yang kala itu masih berusia sembilan tahun.

4. Tahanan rumah

Sang mantan putri kerajaan ini disebutkan sekarang hidup sebagi tahanan rumah. Konon Srirasmi kini tinggal di sebuah kawasan pengasingan di Thailand Barat, di luar Bangkok. Sejak 2014, sosoknya dikatakan tak pernah terlihat di depan umum. Bahkan ada artikel di Facebook yang menuntut bukti bahwa sang mantan putri masih hidup dan sehat. Sebab meskipun ada upaya untuk menemukan Srirasmi, namun Srirasmi tampak hilang ditelan bumi.

 Perempuan berdiri

5. Bagian dari sejarah yang terulang

Raja Maha Vajiralongkorn telah bercerai beberapa kali, mulai dari menceraikan istri pertamanya, yang sekaligus juga sepupunya, pada tahun 1991. Lalu istri keduanya yang dinikahi pada 1994 dan diceraikan dua tahun kemudian hingga sang mantan istri terpaksa melarikan diri ke Amerika dengan putranya.

Tak cukup sampai di situ, bahkan baru-baru ini, selir Vajiralongkorn telah kehilangan gelarnya setelah hanya tiga bulan bersama sang raja dan disebutkan kini telah menghilang. Well, sejarah ini kurang lebih mengingatkan publik pada seorang raja terkenal dari Inggris: Henry VIII.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini