nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Restoran Steak Terbesar di Dunia Tunjukkan Cara Memasak Unta Secara Utuh, Tertarik Mencicipi?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 07 November 2019 07:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 06 298 2126678 restoran-steak-terbesar-di-dunia-tunjukkan-cara-memasak-unta-secara-utuh-tertarik-mencicipi-tGbyekadvh.jpg Memanggang daging unta utuh (ercansteakhouse/Instagram)

Memanggang daging steak tentu sangat menyenangkan, apalagi jika dibumbui dengan baik hingga mengeluarkan aroma yang sedap. Biasanya orang akan mencacah daging steak menjadi beberapa bagian sebelum memanggangnya untuk menghasilkan daging dengan bumbu yang meresap. Namun tidak hal tersebut tidak berlaku bagi Ercan Steakhouse yang berbasis di Basaksehir, Istanbul.

Tampilan restoran ini memang seperti tempat makan pada umumnya, namun ketika Anda datang maka akan dikejutkan dengan bangunannya. Restoran ini memegang gelar restoran steak terbesar di dunia dengan berdiri di tanah seluas 6.500 meter persegi dengan segala fasilitas menakjubkan yang ada di dalamnya.

 Memanggang hewan

Restoran ini terdiri dari ruang konferensi yang terdiri dari 800 dan 1.200 tempat duduk hingga ruang makan yang lebih intim dan banyak ruangan besar tempat untuk menyimpan daging. Selain daging kambing yang diolah dengan cara dipanggang, steak dan kebab, Ercan juga menyajikan hidangan unta asap.

Unta asap tersebut dipersiapkan selama 24 jam oleh kepala juru masak dan pemilik restoran bernama, Ercan Narinc yang bisa dinikmati hingga 250 orang satu kali masak. Tentu saja restoran ini terlihat sangat mengerikan, pasalnya dalam sekali memasak, mereka membutuhkan satu ekor unta utuh untuk langsung dimasukkan ke dalam tungku pengasapan.

Sebagaimana dilansir VT, Kamis (7/11/2019), dalam video yang diunggah ke akun media sosial Twitter, Narinc terlihat mendorong daging mamalia besar tersebut ke dalam sebuah tungku pemanas berukuran besar. Tungku tersebut sengaja dibuat khusus hingga bisa menampuk punuk dan berbagai anggota tubuh unta ke dalamnya.

Untuk mendapatkan cita rasa yang nikmat, Narinc menaruh tumpukan kayu bakar di bawah tungku raksasa tersebut. Proses memasak satu ekor unta ini membutuhkan waktu selama 24 jam. Ketika ditarik dari tungku raksasa, daging unta ini terlihat lembut dan indah. Bahkan bagian daging dan lemak terluar dari tubuh unta tersebut bertekstur renyah.

Ketika daging unta yang diasap dikeluarkan dari tungku raksasa, Narinc terlihat membubuhi bagian punuk unta tersebut dengan kelopak bunga mawar dan menancapkan batangnya ke bagian badan. Tidak diketahui secara pasti, apa maksud Narinc melakukan hal tersebut.

Meski menu hidangan unta tidak banyak tersedia di restoran barat, namun daging ini sangat disukai di wilayah Timur Tengah. Menu olahan unta sangat populer sebagai hidangan dalam perjamuan. Para koki memasak daging unta dimasak dalam jangka waktu lama agar memiliki tekstur lembut ketika dimakan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini