Perusahaan Ini Terapkan Aturan 5 Jam Kerja, Syaratnya Tidak Masuk Akal

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 06 November 2019 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 06 612 2126224 perusahaan-ini-terapkan-aturan-5-jam-kerja-syaratnya-tidak-masuk-akal-Wcab0Cp9vi.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Belakangan di media sosial tengah ramai diperbincangkan keputusan sebuah perusahaan yang menerapkan aturan empat hari kerja. Menurut perusahaan tersebut, produktivitas karyawan menjadi meningkat dengan adanya kebijakan tersebut. Hal yang sama juga sudah diterapkan oleh beberapa perusahaan lain.

Akan tetapi, hal yang sama tidak diterapkan oleh suatu perusahaan asal Jerman. Alih-alih mengurangi jumlah hari kerja dalam seminggu, perusahaan tersebut memilih untuk mengurangi jam kerja.

Karyawan tersebut hanya perlu bekerja lima jam setiap harinya selama 5 hari. Hanya saja, ada aturan yang cukup berat yang harus ditaati karyawan.

 Memegang ponsel

Ya, perusahaan tersebut melarang karyawannya untuk menggunakan ponsel dan berbicara satu sama lain selama jam kerja. Mereka diminta untuk memusatkan perhatian dan fokus terhadap pekerjaan.

Tentu syarat tersebut tidaklah mudah bagi para karyawan, terlebih di zaman teknologi seperti sekarang ini. Karyawan masih diberikan kesempatan untuk berbicara dengan rekan kerja dalam waktu seminimal mungkin.

Selain itu, pemimpin perusahaan juga menerapkan aturan lain yakni karyawan hanya diperkenankan memeriksa email dua kali sehari. Rapat untuk para pimpinan dan karyawan juga dibatasi hanya 15 menit atau bahkan kalau bisa lebih singkat. Rasanya aturan tersebut tidak masuk akal.

Namun kepala kantor perusahaan konsultan yang berbasis di Bielefeld, Rheingans Digital Enabler, memiliki alasan kuat untuk menerapkan aturan tersebut. Menurutnya, dengan jam kerja yang lebih singkat, ia bisa menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anaknya. Hal yang sama mungkin juga bisa terjadi pada karyawannya.

Oleh karena itu, ia menerapkan aturan untuk melarang penggunaan ponsel pada karyawan agar mereka benar-benar fokus pada pekerjaan. Dengan begitu perusahaan tetap berjalan normal seperti sebelumnya. Di sisi lain, belum ada bukti yang menunjukkan jika aturan tersebut berdampak positif.

Melansir World of Buzz, Rabu (6/11/2019), belum diketahui apakah implementasi baru tersebut benar-benar meningkatkan efisiensi kerja di antara karyawan. Bila Anda menjadi karyawan tersebut, manakah yang akan Anda pilih? Bekerja lima jam sehari tanpa telefon atau sembilan jam sehari dengan telefon?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini