nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mitos-Mitos yang Mendunia: Si Jenius Einstein, Kuda Troya hingga Spartan

Viola Triamanda, Jurnalis · Kamis 07 November 2019 11:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 07 612 2126826 mitos-mitos-yang-mendunia-si-jenius-einstein-kuda-troya-hingga-spartan-0gUXZst174.jpg 300 Pasukan Spartan yang sangat terkenal dalam sejarah dunia

MITOS merupakan sebuah cerita di masa lalu yang masih sering dipercaya oleh orang-orang saat ini. Orang pertama yang memperkenalkan istilah mitos adalah Plato, seorang filsuf yang berasal dari Yunani.

Sangat banyak mitos yang dipercaya oleh masyarakat umum saat ini. Berikut rangkuman beberapa mitos yang beredar dan kebenaran yang sesungguhnya dikutip dari Brightside, Kamis (7/11/2019).

1. Bangsa Viking tidak sengaja mengganti nama Greenland dan Islandia

Pasukan viking dan islandia

Mitos : Bangsa Viking mengganti nama Islandia dan Greenland dengan tujuan untuk menjauhkan orang-orang dari Islandia yang hijau dan indah, tempat mereka tinggal dan sebaliknya, mengarahkan mereka ke Greenland yang dingin.

Kebenaran : Islandia mendapatkan namanya dari Viking Swedia yang berduka karena putrinya tenggelam dalam perjalanan ke Islandia. Sedangkan Greenland mendapatkan namanya dari Erik the Red yang dibuang dari pulau itu dan berlayar ke rumah baru, dan menciptakan kerajaan baru. Dia menetap di Greenland dan memberinya nama yang unik dengan tujuan menarik orang untuk mengunjunginya.

2. Kuda Troya tidak pernah ada

Kuda Troya tak pernah ada

Mitos : Setelah pengepungan 10 tahun atas Troya, orang-orang Yunani masih belum bisa menaklukkan kota. Mereka kemudian membangun kuda kayu besar, dan bersembunyi di dalamnya lalu berpura-pura berlayar sebelum meninggalkan kuda sebagai piala kemenangan bagi Troya. Pasukan Troya kemudian menarik kuda kayu itu ke kota mereka, dan kemudian prajurit Yunani merayap keluar kemudian membuka gerbang kota dan menghancurkan segalanya.

Kebenaran : Bukti arkeologis menunjukkan bahwa Troya dibakar dan kuda kayunya hanya sebuah dongeng yang berasal dari Homer Odyssey.

3. Kebakaran Chicago bukan karena seekor sapi

Seokor sapi dituduh sebagai penyebab kebakaran Chicago

Mitos : Api Chicago yang mengamuk selama 2 hari pada tahun 1871 terjadi karena seekor sapi yang mengenai lentera saat seorang wanita bernama Catherine O'Leary sedang memerah susunya.

Kebenaran : Catherine O'Leary mengklaim bahwa dia tertidur pada saat api mulai menyala dan mengatakan dia tidak pernah memerah susu sapi di malam hari tetapi tidak ada yang pernah mempercayainya. Belakangan, beberapa wartawan mengakui bahwa mereka mengarang cerita. 

4. Tidak hanya Spartan yang membela Thermopylae

Ternyata tak cuma 300 spartan

Mitos : 300 Spartan membela Thermopylae dari pasukan Persia yang berjumlah besar dalam pertarungan selama 3 hari.

Kebenaran : Meskipun benar-benar ada 300 Spartan yang melindungi kota, mereka didukung oleh setidaknya 4.000 sekutu. Mereka memang memiliki lebih sedikit pasukan daripada tentara Persia, tetapi mereka memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk menang.

5. Orang-orang tidak melompat keluar jendela karena jatuhnya pasar saham

Mitos : Jatuhnya pasar saham 1929 menyebabkan gelombang bunuh diri di kalangan investor Wall Street yang kehilangan uang dalam jumlah sangat besar dan mereka mulai bunuh diri dengan cara melompat keluar dari jendela.

Kebenaran : 29 Oktober 1929, paling dikenal dalam sejarah sebagai Black Tuesday, hari ketika investor Wall Street memperdagangkan sekitar 16 juta saham dalam satu hari. 30 miliar dolar hilang dan hal ini menjadi salah satu penyebab depresi hebat. Namun, ini bukan yang menyebabkan bunuh diri. Angka pasar pada bulan Oktober dan November adalah yang terendah pada 1929.

Orang yang mungkin berada di balik rumor ini adalah Winston Churchill yang melihat ahli kimia Jerman Dr. Otto Matthies jatuh dari lantai 16 sebuah hotel. Ini terjadi sebelum pasar ambruk sehingga tidak benar-benar terhubung dengannya.

6. Apel tidak jatuh di kepala Isaac Newton

Apel dan inspirasi Newton

Mitos : Isaac Newton sedang duduk di bawah pohon apel dan muncul teori gravitasi ketika buah apel jatuh menimpa kepalanya

Kebenaran : Apel memang membantu Newton sedikit, tetapi tidak sebanyak yang dinyatakan mitos.

Setelah Newton meninggalkan Cambridge, dia kembali ke rumah dan terus mengerjakan masalah yang dia kejar selama di universitas. Dia menyatakan bahwa gravitasi mempengaruhi jarak yang sangat jauh. Di kebun ibunya, ia melihat apel jatuh dari pohon dan menghabiskan beberapa tahun mengerjakan matematika untuk mendapatkan rumus.

7. Mayat Walt Disney tidak dibekukan secara kriogenik

Jenazah Walt Disney Dikremasi

Mitos : Setelah animator paling terkenal di dunia, Walt Disney meninggal, tubuhnya dibekukan secara kriogenik untuk mengembangkan teknologi yang dapat membuat orang yang sudah meninggal hidup kembali.

Kebenaran : Pada kenyataannya Walt Disney dikremasi

8. Nero tidak sedang bermain biola ketika Roma terbakar

Kaisar Nero Romawi bermain biola

Mitos : Kaisar Romawi, Nero membakar Roma dan memainkan biola saat sedang terbakar.

Kebenaran : Meskipun para ilmuwan masih belum sepakat apa yang sebenarnya terjadi, sebagian besar sejarawan berpikir bahwa Nero tidak ada hubungannya dengan Api Besar. Dia pergi ketika awal api itu muncul dan ketika dia mendengar tentang hal itu, dia kembali untuk berkoordinasi dengan petugas pemadam kebakaran dan membuka kebunnya untuk memberikan perlindungan bagi orang-orang yang rumahnya hancur.

Namun, beberapa orang percaya bahwa dialah yang membakar kota itu karena dia tidak suka dengan tampilannya dan ingin membangunnya kembali. Kita mungkin tidak akan pernah tahu apa yang sebenarnya terjadi, tetapi ada satu hal yang kita tahu dengan pasti, Nero jelas tidak bermain biola ketika Roma terbakar.

9. Tidak ada histeria mengenai perang dunia

Mitos : Drama radio Amerika, War of the Worlds yang dilakukan langsung pada tahun 1938 sebagai episode Halloween sangat realistis sehingga menyebabkan kepanikan massal sehingga orang-orang benar-benar percaya bahwa ada invasi alien nyata yang terjadi.

Kebenaran : Karena ada program populer lain di saluran yang berbeda pada saat itu, drama tidak memiliki banyak pendengar dan hanya sedikit dari mereka yang mempercayainya. Jadi tidak ada histeria sungguhan, hanya ada beberapa orang yang menghubungi departemen kepolisian untuk mendapatkan informasi. Segera setelah itu, Radio CBS memberi tahu para pendengar bahwa siaran itu merupakan fiksi belaka.

10. Tidak ada kisah cinta antara Pocahontas dan John Smith

Mitos Pochahitos

Mitos : Ada kisah cinta yang indah antara seorang gadis asli Amerika bernama Pocahontas dan seorang penjajah Inggris bernama John Smith.

Kebenaran : Pada saat Pocahontas (yang nama aslinya Matoaka) dan John Smith bertemu, dia baru berusia 11 tahun dan John Smith berusia 27 tahun. Namun, tidak ada kisah cinta di antara mereka, namun, mereka benar-benar bertemu ketika dia ditangkap dan mereka menghabiskan sedikit waktu bersama untuk saling mempelajari bahasa masing-masing.

11. Albert Einstein tidak pernah gagal dalam matematika

Matematikawan Ainstein

Mitos : Albert Einstein, seorang jenius dan pemenang Hadiah Nobel dalam Fisika, gagal dalam pelajaran matematika di sekolah.

Kebenaran : Einstein hebat dalam matematika dan saat usia 15 tahun ia sudah menguasai kalkulus diferensial dan integral. Rumor tersebut berasal dari nilai yang diterimanya saat belajar di Swiss: ia mendapat nilai “1, dan pada skala dari 1 hingga 6 ini sebenarnya adalah nilai terbaik. Namun, tak lama setelah itu, sistem itu benar-benar berubah dan "6" menjadi tanda terbaik. Einstein masih memiliki nilai "1" yang menyebabkan cerita yang katanya "gagal". 

Jadi, sudah tahu kebenarannya kan? Hayoo jangan mudah percaya dengan mitos.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini