nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tes Kepribadian: Mengetahui Sifat lewat Myers-Briggs, Sering Dipakai Perusahaan Loh

Ade Charisma, Jurnalis · Jum'at 08 November 2019 12:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 08 612 2127319 tes-kepribadian-mengetahui-sifat-lewat-myers-briggs-sering-dipakai-perusahaan-loh-yEXP1DJA1P.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ERA emansipasi memang membuat kaum hawa ingin disejajarkan dengan para pria. Tapi tidak semua pekerjaan cocok untuk dilakukan oleh para perempuan. Ada beberapa pekerjaan yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu.

Nah, indikator Tipe Myers-Briggs yang diciptakan selama pada Perang Dunia ke II, membantu perempuan menentukan pekerjaan yang cocok bagi mereka, dan menggantikan pria yang kebanyakan dipanggil ke medan pertempuran.

Lewat tes tersebut, mereka akan mendapat laporan singkat yang dapat menentukan pekerjaan apa yang paling efektif untuk mereka. Tapi, seiring berjalannya waktu perusahaan pun menggunakan indikator Myers-Briggs kepada semua pelamar, sebelum menerima pegawai baru di kantor mereka.

Dilansir dari BrightSide, ada contoh mudah tes kepribadian menurut indikator Myers-Brigg versi pendek. Caranya, dengan menjawab 4 pertanyaan dan 2 pilihan jawaban untuk masing-masing. Pilihalah salah satu jawaban yang kamu ingin lakukan dari setiap pertanyaan.

Setiap pilihan dari jawaban akan diwakili oleh satu huruf tertentu. Kombinasi huruf tersebut yang kamu dapatkan dari setiap kamu menjawab 4 pertanyaan ini akan memberi tahumu tentang tipe kepribadian dirimu. Berikut pertanyaan dan pilihan jawabannya :

1. Kamu benar-benar merasa lelah karena satu minggu ini kamu sangat sibuk dan merasa kurang enak badan. Bagaimanakah kamu akan menghabiskan akhir pekan mu?

Saya akan menghubungi teman-teman untuk menanyakan rencana akhir pekan mereka.

(E) Saya akan menghubungi teman-teman untuk menanyakan rencana akhir pekan mereka. Jika tidak ada, maka akan mengajak makan di restoran baru, nonton bioskop, atau apapun bersama teman-teman.

(I) Saya akan mengaktifkan mode silent di HP saya dan tinggal di rumah. Saya akan menonton acara TV favorit saya, mandi berendam air hangat sambil membaca buku kesukaan atau apapun yang membuat saya bisa bersantai sendirian di rumah.

2. Manakah dari 2 deskripsi ini yang lebih cocok untuk mu?

Saya menilai situasi nyata dan memperhatikan detail.

(S) Yang paling penting bagi saya adalah apa yang terjadi di sini dan sekarang. Saya menilai situasi nyata dan memperhatikan detail.

(N) Kenyataan adalah hal yang menyebalkan. Saya lebih suka bermimpi dan membayangkan acara mendatang dalam pikiran saya. Saya lebih mengandalkan intuisi daripada informasi.

3. Pesaing perusahaanmu mencoba membujukmu bergabung dengan mereka. Kamu ragu karena gajinya jauh lebih tinggi di sana, tetapi staf di kantor lama menyenangkan.

 Dalam kasus seperti ini, penting untuk mempertimbangkan semua argumen dan menilai situasi dengan tenang.

Selain itu, kepala departemen di perusahaanmu sekarang mengisyaratkan akan merekomendasikan dirimu untuk menggantikannya, ketika dia pensiun. Bagaimana caramu mengambil keputusan?

(T) Saya akan mempelajari semua informasi tentang perusahaan pesaing tersebut, meminta saran manajer HRD saya, dan mencatat semua hal psositif dan negatif yang ada. Dalam kasus seperti ini, penting untuk mempertimbangkan semua argumen dan menilai situasi dengan tenang.

(F) Saya akan mendengarkan perasaan saya. Saya selalu berusaha mengikuti kata hati saya.

4. Sahabatmu akan menikah 2 minggu lagi dari sekarang. Bagaimana kamu mempersiapkannya?

Saya akan mengimprovisasi pidato pernikahan saya. Karena hal terbaik terjadi secara spontan.

(J) Sebulan terakhir, saya telah mengumpulkan foto fotonya dengan calon mempelainya, menyusun puisi, mempersiapkan setelan saya yang akan dikenakan pada hari pernikahannya, membuat janji dengan stylist dan makeup. Saya lebih suka mempersiapkan sepenuhnya.

(P) Saya akan bersenang-senang dan menikmati pesta itu. Saya akan mengimprovisasi pidato pernikahan saya. Karena hal terbaik terjadi secara spontan.

Nah inilah penjelasan atas kombinasi huruf dari jawaban-jawaban yang telah kamu pilih :

1. ESTJ-Manajer

Praktis dan konsisten, kamu suka memberi perintah dengan merencanakan dan mengatur semuanya. Tapi yang terpenting, kamu suka meyakinkan orang tentang kebenaran dari sudut pandangmu dan membuat mereka berpikir seperti yang kamu pikirkan. Kamu melihat kehidupan dengan tenang.

Kamu terbuka untuk berkomunikasi, bertemu orang baru, dan menghabiskan waktu di pesta. Kamu tidak pernah lupa untuk menjaga hubungan dengan orang-orang terdekat dan dapat mengekspresikan perasaan cinta dengan sangat baik.

2. ENTJ-Pemimpin

Hidup bagimu adalah perjuangan. Ini adalah cara bagaimana kamu mengenal diri sendiri dan orang lain. Berani ambil risiko, kamu mudah terinspirasi untuk memulai sesuatu yang baru.

Pada saat yang sama, kamu mampu menilai kemampuanmu baik kekuatan maupun kelemahan dengan baik. Kamu terbuka untuk ide-ide baru. Kamu berpikir positif dan menyukai olahraga.

3. ESFJ-Guru

Kamu sangat mudah bergaul dengan orang lain . Kamu adalah kehidupan untuk pihak mana pun. Kamu penuh perhatian dan selalu siap membantu, bahkan jika kamu harus mengorbankan kepentingan pribadi untuk orang lain.

Namun kamu sangat mandiri dalam urusanmu sendiri, Kamu dapat mengurus segalanya tanpa bantuan pihak lain. Kamu hanya menunggu dukungan emosional dari orang terdekatmu.

4. ESTP-Perencana

Kamu berusaha untuk mencapai tujuan dengan cara apa pun, bahkan jika kamu harus menggunakan kekuatan fisik. Kamu tetap pada rencana yang pasti, dan kamu tidak tahan terhadap bergantung pada orang lain dan kompromi.

Kamu seorang pejuang sejak lahir, sangat aktif dan teratur. Kamu dapat secara objektif mengevaluasi bahkan situasi yang paling menegangkan dan memberikan respons yang cepat dan tepat.

5.ENFJ-Mentor

Kamu orang yang emosional dan banyak bicara dengan ekspresi wajah dan gerak tubuh yang beragam. Kamu sangat berempati terhadap emosi orang lain dan bahkan bisa melihat ketidaktulusan yang paling kecil sekalipun pada orang lain.

Kamu sangat pecemburu dan tidak percaya pada hubungan cinta. Karena kepekaanmu, seringkali kamu telah siap menghadapi permasalahan yang akan datang karena kamu telah merasakannya terlebih dahulu.

6. ENTP-Penemu

Sebagai penghasil ide, kamj selalu berusaha untuk menciptakan sesuatu yang baru. Kamu beradaptasi dengan mudah ke lingkungan yang tidak dikenal dan menguasai berbagai metode kerja dengan mudah.

Karena tidak menyukai tradisi dan rutinitas, kamu sangat sering berganti menguasai bidang dan hobi, dan menjadi inovator. Yang penting untukmu adalah bahwa kamu tidak cuma dapat menciptakan ide-ide baru, tapi kamu juga dapat menyampaikannya kepada orang lain dan mewujudkan ide mu.

7. ESFP-Politisi

Kamu dapat secara profesional menentukan peluang di sekitarmu dan kamu sangat sering menggunakan keterampilan ini untuk memanipulasi orang.

Dalam komunikasi dengan orang lain, Kamu mengikuti minat pribadimu. Namun, kamu mencoba mengesankan semua orang dan menciptakan citra dirimu sebagai orang yang sederhana. Kamu tidak ingin membuang waktu. Anda ingin hasil yang cepat dan tidak menyukai birokrasi.

8. ENFP-Juara

Kamu orang yang energik dan ingin tahu, dengan keterampilan yang kreatif. Selain kamu dapat bergaul dengan orang lain dengan mudah tetapi kamu juga memiliki empati yang baik. Kamu sangat bagus dalam memberi nasihat.

Kamu mempersepsikan kehidupan dengan segala kemungkinannya. Kamu memiliki imajinasi yang sangat kaya dan IQ yang sangat tinggi. Kamu adalah orang yang sangat harmonis, mampu menjaga keseimbangan bahkan dalam lingkungan yang sangat cepat berubah.

9. INFP-Dokter

Seorang penulis lirik dan pemimpi, keharmonisan batin dan persetujuan dirimu selalu kamu utamakan. Sebagian besar pemikiran mu berasal jauh dari dalam diri.

Meskipun demikian, kamu dapat melihat kejadian dan memahami orang dengan baik. Kamu suka berdandan dan berusaha tampil baik dalam segala situasi. Kamu sering kehilangan waktu dan kenyataan.

10. ISFP-Composer

Kamu dapat menemukan kegembiraan dari hal-hal yang sederhana, menangani rutinitas yang monoton dengan mudah. Kamu suka merasa dibutuhkan, itulah sebabnya kamu selalu membantu orang lain tetapi tidak pernah mengganggu zona nyaman mereka.

Kamu tidak tahan terhadap konflik, dan kamu selalu bisa menghibur orang dan membuat mereka tertawa. Anda adalah mitra yang sangat sederhana, praktis, peduli, lembut, dapat diandalkan, dan setia. Kamu tidak pernah mencoba untuk memimpin dan memanipulasi.

11. INTP-Arsitek

Seorang pemikir dan filsuf, Kamu tidak suka terlalu ekspresif. Kamu selalu mencari emosi dan kenyamanan yang tenang. Kamu sangat berhati-hati saat membuat keputusan, lebih suka menganalisis dan menemukan koneksi antara masa lalu, sekarang, dan masa depan.

Kamu sangat sensitif terhadap perubahan, dan kamu tidak mudah menanganinya. Kamu selalu berusaha mengumpulkan semua fakta, pikiran, dan idemu, yang membuatmu sering merasa tertekan.

12. INFJ-Penasihat

Kamu sangat baik dalam merasakan perasaan orang dan hubungan mereka. Kamu dapat dengan mudah mengidentifikasi suasana hati dan bakat yang tersembunyi, itulah sebabnya orang mencari nasihat darimu.

Namun, kamu juga sangat rentan dan tidak tahan terhadap agresi dan kurangnya cinta. Kekuatan pendorongmu adalah intuisi, tidak diarahkan ke luar tetapi di dalam. Tipe orang sepertimu tidak pernah berhenti belajar, mengingat pengembangan diri menjadi prioritas yang utama bagimu. Dengan mengenal diri sendiri, kamu dapat membantu orang lain.

13. INTJ-Inspirator

Kamu memiliki dunia batin yang kaya dari yang mana memberimu kemudahan untuk mendapatkan ide-ide luar biasa. Kamu berjuang untuk keunggulan dan ingin meningkatkan segalanya dan semua orang.

Namun, kamu memiliki beberapa kesulitan dalam hubungan dengan orang lain, kamu sangat sering menjauhkan diri dengan sengaja untuk menunjukkan kemandirianmu. Kamu dapat menetapkan prioritas dan mempercayai intuisimu.

14. ISFJ-Pelindung

Kamu tidak tahan terhadap kesalahan dan ketidaktulusan dalam hubungan. Kamu membedakan "orang asing" dan menjaga jarak dengan mereka. Untuk orang-orang "di dalam ruang lingkupmu," Kamu melakukan apa saja dan tidak pernah meminta imbalan apa pun.

Kamu jeli dan sangat berhati-hati dengan kata-kata dan perbuatan. Baik dan peduli, kamu melihat tujuan utamamu untuk membantu orang lain dan membuat mereka lebih bahagia.

15. ISTP-Enggineer

Kamu memiliki pola pikir teknis dan suka membuat sesuatu dengan tangan. Kamu tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan dan berpikir bahwa itu lebih baik diukur dua kali daripada sekali salah. Namun, kamu selalu memenuhi tenggat waktu dan kamu orang yang sangat tepat waktu.

Kamu memahami dunia ini melalui perasaan, dan pendapat mu tentang hal-hal yang terjadi di sekitar Anda sangat objektif dan spesifik. Secara alami, kamu komunikatif, tetapi kamu akan menolak untuk menjalani hubungan begitu kamu merasa tidak ada ketulusan.

16. ISTJ-Inspektur

Kamu orang yang bijaksana dan bertanggung jawab. Kamu dapat dipercaya, tetapi kamu tidak pernah menganggap apa-apa, selalu menganalisis informasi yang masuk. Kamu tidak tertarik pada komunikasi jangka panjang dan lebih suka komunikasi resmi hanya selama hubungan pertemanan.

Kamu menyukai ketegasan dan ketertiban. Kamu tidak hidup dalam mimpi dan hidup berdasarkan kenyataan yang ada.

1
6

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini