nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenapa Ya Kita Betah Nonton Orang Mukbang meskipun Lama?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 09 November 2019 09:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 09 298 2127703 kenapa-ya-kita-betah-nonton-orang-mukbang-meskipun-lama-MwxsXhmkMn.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MUKBANG atau menyantap makanan secara online telah lama menjadi sebuah tren kuliner yang digandrungi oleh banyak orang di seluruh dunia. Tren makan ini pertama kali booming di Korea Selatan, dan telah menjelma menjadi salah satu profesi incaran milenial Korea.

Bukan tanpa alasan, hanya dengan menyantap makanan di depan kamera lalu disiarkan di media sosial seperti YouTube dan Instagram, mereka sudah bisa mendapatkan pundi-pundi uang. Para pelaku mukbang inilah yang kemudian dikenal dengan istilah Broadcast Jockey (BJ).

Aktivitas yang mereka lakukan pun sangat sederhana. Pada awal video, para BJ biasanya akan menyediakan beberapa jenis makanan berporsi besar. Ambil contoh mi ramen dan ayam goreng yang paling sering dijadikan bahan mukbang.

Setelah itu, mereka akan mulai berbicara dan mengajak para penggemarnya berbincang hangat sembari menyerumut mi ramen hingga menimbulkan bunyi ‘slurrrppp’ yang sangat khas. Anehnya, aktivitas seperti ini ternyata sangat digemari banyak orang.

Anehnya, aktivitas seperti ini ternyata sangat digemari banyak orang.

Pada artikel kali ini, Okezone hendak mengupas lebih dalam alasan utama mengapa begitu banyak orang yang nyaman melihat orang asing menyantap makanan di depan kamera. Mengutip laman Splinternews, Sabtu (9/11/2019), banyak orang Korea yang rela menonton mukbang hingga berjam-jam karena dianggap ampuh menimbulkan rasa kebersamaan.

Hal tersebut tidak terlepas dari peran para BJ yang selalu memicu timbulnya interaksi antara penonton dan pelaku mukbang. Bahkan, terkadang mereka membagikan beberapa tips penting tentang tata cara menyantap suatu makanan.

Tidak hanya di YouTube, platform video Twitch yang sebetulnya merupakan wadah bagi pencinta video game juga baru saja meluncurkan fitur social eating di channel mereka. Kemunculan fitur itu memang mendapat pengaruh yang sangat besar dari tren mukbang yang kian digandrungi pengguna internet.

Menariknya, seorang netizen sempat membeberkan sebuah alasan yang terdengar sedikit miris tentang alasan orang-orang lebih memilih menonton mukbang, dibandingkan menonton film atau video-video menarik lainnya.

“Aku rasa orang suka menonton mukbang karena mereka (BJ) terlihat kesepian, sehingga mereka tergerak untuk menontonnya dan berinteraksi melalui komputer,” tulisnya.

 dibandingkan menonton film atau video-video menarik lainnya.

Alasan berbeda justru datang dari para penonton setia mukbang asal Amerika Serikat. Mereka mengaku senang menonton mukbang karena dapat merangsang nafsu makan. Tak sedikit pula yang menjadikan video-video mukbang sebagai penyalur hasrat mereka saat slagi diet. Hal tersebut disampaikan oleh Erik the Electric, salah satu BJ asal AS.

“Penonton saya kebanyakan datang ke channel saya karena sedang menjalani diet ketat. Untuk memuaskan hasrat makan mereka, mereka datang untuk menonton video saya,” tutur Erik.

Erik pun mengakui bahwa mukbang juga ampuh membantunya berjuang melawan anoreksia yang telah diidapnya selama bertahun-tahun. “Membuat video mukbang membuat saya menjadi lebih tenang saat menyantap makanan,” ungkap Erik.

Pada kolom komentar Erik, para penggemarnya juga mengaku kenyang setelah menonton video mukbang pria bergaya nyentrik itu. Pernyataan ini kemudian membuka mata kita bahwa sesuatu yang tampak berlebihan di depan layar, justru memainkan peran dalam diet seseorang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini