nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menkes Terawan Minta Izin Alat Kesehatan Lokal Dipermudah

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 09 November 2019 16:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 09 481 2127776 menkes-terawan-minta-izin-alat-kesehatan-lokal-dipermudah-ILrB6LEurg.jpg Menkes Terawan. (Foto: Okezone)

KEMAJUAN teknologi di Indonesia memberi dampak positif bagi penciptaan alat baru yang memberi kemudahan lebih baik dari sebelumnya. Salah satunya di bidang alat kesehatan. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pun berkesempatan melihat langsung inovasi tersebut.

Ya, bertempat di acara Pameran Pembangunan Kesehatan 2019, Menkes Terawan berkesempatan melihat langsung alat kesehatan inovatif yang diciptakan anak bangsa. Di momen itu, ia bahkan mengapresiasi apa yang sudah dibuat anak Indonesia demi membangun bangsa yang lebih baik.

"Melihat inovasi yang diciptakan anak bangsa, saya merasa sangat bangga dan tentunya bahagia. Dengan melihat ini, saya jadi yakin kalau Indonesia bisa lebih mandiri, khususnya di bidang peralatan kesehatan," terang Menkes Terawan di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (9/11/2019).

dilakukan ialah pemanfaatan alat inovatif tersebut yang harus mendapat dukungan pemerintah.

Ia juga menjelaskan, dengan melihat karya-karya terbarukan tersebut, Indonesia mampu lepas dari skat-skat yang sebelumnya melekat dalam bidang ini. Nah, yang selanjutnya dilakukan ialah pemanfaatan alat inovatif tersebut yang harus mendapat dukungan pemerintah.

Makanya harus ada peraturan yang mendukung pemanfaatan alat-alat kesehatan inovatif tersebut. Karena itu, Menkes berharap bahwa Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan (Dirjen Farmalkes) akan mendukung semua alat-alat kesehatan inovatif ini.

"Saya berharap Dirjen Farmalkes akan mengeluarkan perizinan yang lebih mudah, pengaturan kontrol yang lebih baik, dan sehingga harga dari alat ini bisa bersaing. Dengan harga yang bersaing, ini bisa menggerakan roda perekonomian para inovator alat kesehatan tersebut," sambung Menkes Terawan.

 Dia menambahkan, apa yang sudah dilakukan para inovator ini adalah bentuk dukungan mereka pada program pemerintah untuk menuju Indonesia Sehat 2025.

Dengan begitu, sambung Menkes Terawan, kesehatan masyarakat juga akan lebih bisa dikendalikan dan Indonesia akan menjadi negara maju yang hebat.

kesehatan masyarakat juga akan lebih bisa dikendalikan dan Indonesia akan menjadi negara maju yang hebat.

Di kesempatan ini juga Menkes Terawan menilai salah satu alat kesehatan inovatif yang paling mencuri perhatiannya ialah holter yang dialihfungsikan untuk pemantauan kehamilan jarak jauh. Baginya, ini alat sangat baru dan harus mendapat perhatian dan dukungan.

"Jadi, holter ini diciptakan untuk pemantauan bayi dalam kandungan. Alat ini akan memantau dari jarak jauh dan tentu akan memberi kemudahan bagi orangtua. Saya lihat ini hebat sekali, apalagi yang buat anak Indonesia " tambahnya lantas tersenyum.

Saya lihat ini hebat sekali, apalagi yang buat anak Indonesia

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini