nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aksi-Aksi Mukbang Berujung Duka, Nomor 3 karena Makan Gurita Hidup

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 10 November 2019 21:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 10 298 2128079 aksi-aksi-mukbang-berujung-duka-nomor-3-karena-makan-gurita-hidup-Z4LRwoI6Rd.jpg Ilustrasi mukbang Gurita. Foto: AsiaOne

SAAT ini tren mengonsumsi aneka makanan sambil melakukan live streaming (mukbang) tengah meningkat. Banyak youtuber yang memanfaatkan momen ini untuk membuat video menarik.

Namun nyatanya tren mukbang ini tidak selamanya berbuah manis. Sebab beberapa dari konten kreator justru berujung duka karena meninggal dunia ketika menjalankan aksinya.

Lalu siapa saja youtuber yang naas ketika mukbang? Berikut dirangkum Okezone dari berbagai sumber pada Minggu (10/11/2019).

1.Wanita Tewas Setelah Tantangan Onigiri

Pada 8 April 2019 seorang wanita Jepang terlihat tersedak Onigiri (bola nasi) saat melakukan mukbang "Tantangan Onigiri" selama siaran langsungnya di Youtube. Youtuber itu meninggal karena sesak napas saat dilarikan ke rumah sakit akibat tersedak Onigiri.

 

Mukbang Onigiri: Foto unscrambled

Dikutip dari laman unscrambled, Wanita itu pingsan selama lebih dari 20 menit karena kejang, sebelum regu penyelamat dikirim untuk menolongnya. Pada 10 April, putra Youtuber itu turun ke media sosial Twitter untuk mengumumkan kematiannya kepada para pengikutnya.

Sebagaimana diketahui, mukbang Tantangan Onigiri adalah permainan tantangan kecepatan makan. Para penantang diharuskan mencoba memakan semua Onigiri dalam waktu 30 detik tanpa air minum. Tantangan ini telah populer di kalangan Youtuber Jepang sejak 2015.

2. Tewas Usai Mukbang Tokek dan Kelabang

Seorang pria di China meninggal dunia setelah membuat video mukbang dengan memakan kelabang dan tokek. Pria 35 tahun tersebut merupakan seorang vlogger yang dikenal dengan sebutan Sun. Ketika itu ia membuat challenge dengan memutar roda dan menentukan apa yang harus ia makan.

Bahan yang ia pergunakan dalam challange tersebut terdiri dari bir, cuka, minuman keras, telur, ulat, kelabang, dan tokek. Waktu ditemukan pada akhir pekan, Sun telah tewas di apartemennya yang terletak di Hefei, Provinsi Anhui. Namun tidak ada tanda-tanda luka vital atas kematiannya yang misterius tersebut.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Sun dikabarkan tewas dengan dikelilingi barang yang menjadi tantangan mukbang tersebut. Komputernya juga masih dalam keadaan menyala saat ditemukan. Menurut penyelidikan kepolisian, Sun diketahui mengonsumsi tokek dan kelabang. Sementara dilansir dari laman Insider, reptil seperti tokek memang dapat menjadi pembawa salmonella.

Oleh karena itu pemilik hewan peliharaan seperti ini harus benar-benar mencuci tangan setelah bersentuhan dengan tokek dan peralatannya. Namun yang terpenting adalah menjauhkan hewan itu dari area di mana makanan disiapkan.

3. Wanita Tewas Setelah Makan Gurita Hidup

Seorang wanita di Korea Selatan mengalami gangguan pernapasan setelah memakan gurita hidup, dan meninggal 16 hari kemudian di rumah sakit.

Sang pacar yang diketahui bernama Kim memesan motel di Kota Incheon dekat Seoul pada April 2010 setelah membeli dua gurita hidup dari suartu restoran lokal. Namun beberapa lama berselang wanita yang diketahui bernama Yoon itu pingsan dan napasnya terganggu setelah makan salah satu dari gurita tadi.

Dilansir dari laman Asiaone, gurita hidup adalah makanan lezat di Korea Selatan tetapi terkenal karena bahaya tersedak. Alat hisap (tentakel) yang masih bergerak dapat menyebabkan potongannta menempel di tenggorokan seseorang.

Bayi gurita sering dikonsumsi utuh, sementara varietas yang lebih besar dipotong dan tentakel yang masih menggeliat dimakan dengan siraman minyak wijen. Sebuah tentakel ditemukan di tenggorokan Yoon dan ia secara tidak sengaja tersedak sampai tewas. (abp)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini