Atasi Stres Selama Ujian, Universitas Ini Tawarkan Mahasiswa Meditasi di Liang Lahat

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 11 November 2019 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 10 612 2128109 atasi-stres-selama-ujian-universitas-ini-tawarkan-mahasiswa-meditasi-di-liang-lahat-byNDJS65F0.jpg Meditasi di liang lahat (Foto: Ruptly)

Ujian selalu membuat pelajar dan mahasiswa merasa stres. Salah satu penyebabnya lantaran ada tekanan untuk dapat melewati ujian dengan nilai baik. Namun, terlalu stres juga bisa memberikan dampak negatif karena menghilangkan fokus.

Menyadari stres berlebihan pada mahasiswa dapat memberikan pengaruh negatif terhadap hasil ujian, salah satu universitas di Belanda menawarkan solusi yang tidak biasa. Bila universitas lain menawarkan sesi terapi hewan, pertemuan penuh perhatian, dan ruang khusus yang tenang bagi mahasiswanya, Radboud University memilih terapi berdiam di liang lahat.

 Kuburan

Mungkin terapi ini terdengar mengerikan. Akan tetapi, ternyata cukup banyak mahasiswa yang menaruh minat terhadap terapi tersebut.

Bahkan untuk mencoba melepaskan stres di liang lahat, mahasiswa harus masuk ke daftar tinggi. Hal ini diungkapkan oleh seorang mahasiswa bernama Sean McLaughlin.

"Saya dan teman sekamar minggu lalu berencana mencoba terapi tersebut. Tapi ternyata kami harus masuk daftar tunggu untuk mencoba kuburan terbuka itu. Bisa dikatakan terapi itu cukup populer," ujar Sean seperti yang Okezone kutip dari Mirror, Senin(11/11/2019).

Lantaran harus masuk daftar tunggu, Sean mengurungkan niatnya. Ia berencana untuk mencobanya lain waktu apabila merasa stres berlebih karena ujian. Menurut penggagas terapi tersebut yang juga anggota staf di kapel siswa, John Hacking, penyediaan liang lahat sebenarnya ingin mengajak mahasiswa lebih menghargai waktunya di bumi.

"Akhir kehidupan, kematian, adalah hal yang tabu dan sulit bagi mahasiswa. Kematian sangat sulit untuk dibicarakan, terutama ketika berusia 18, 19, dan 20 tahun," kata John.

Lewat liang lahat tersebut, mahasiswa diminta untuk merenungkan hal sia-sia yang telah mereka lakukan terutama selama menempuh pendidikan.

Untuk membuat mahasiswa nyaman melakukan meditasi, di dalamnya terdapat matras yoga dan bantal. Mahasiswa yang mendapat giliran bisa tidur di liang lahat tersebut selama 30 menit hingga 3 jam.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini