nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Pecel Ayam Vs Ayam Lalapan, Mana Istilah yang Tepat? Ini Jawabannya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 11 November 2019 16:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 11 298 2128371 viral-pecel-ayam-vs-ayam-lalapan-mana-istilah-yang-tepat-ini-jawabannya-pGZyi4BePh.jpg Viral pecel lele (Foto: Travelingyuk)

BICARA soal kuliner Indonesia memang tidak ada habisnya. Setelah kasus sambal diblender yang sempat menghebohkan jagat twitter, netizen kembali dihadapkan oleh persoalan yang cukup viral tentang asal usul ayam lalapan atau sering juga disebut dengan istilah pecel ayam.

Perdebatan sengit ini pertama kali dipicu oleh cuitan akun twitter @vajijay yang kemudian viral. Wanita yang akrab disapa Vanessa itu melontarkan sebuah pertanyaan menohok tentang kebiasaan orang Jakarta menyebut olahan ayam lalapan dengan istilah pecel ayam.

“Kenapa orang Jakarta nyebut ayam lalapan itu jadi pecel ayam? Pecel mah sambel kacang sama sayur,” cuit Vanessa.

Vanessa kemudian menyarankan agar orang-orang Jakarta mengganti istilah tersebut dengan ayam penyet daripada menyebutnya dengan istilah pecel ayam. Istilah tersebut dianggap lebih masuk akal dibanding menggunakan kata pecel yang notabennya identik dengan bumbu kacang. Klik untuk halaman selanjutnya untuk informasi yang viral.

Sejumlah netizen rupanya sepakat dengan pernyataan yang dilontarkan Vanessa. Seperti akun @litashiddiqah yang mengaku dibuat kecewa saat salah satu temannya mengajak makan pecel.

“Hahaha sama. Gue udah seneng diajak makan pecel. Terus nyampe kok sayurnya lalapan, sambel kacangnya ditungguin kagak datang-datang. MONMAAP INI PECEL DI MANANYA??,” tulis Lita.

Hal senada juga diungkapkan oleh akun twitter @farrelmeonk. Ia mengatakan sempat mengalami culture shock setelah melihat kebiasaan orang Jakarta menyebut ayam lalapan menjadi pecel ayam.

“Gue dulu culture shock ini karena orang-orang pada bilang pecel ayam, eh pas sampe warung ga taunya ayam lamongan,” tulis Farrel.

Perbedaan kultur dan penyebutan nama ini ternyata juga dialami oleh orang-orang Jakarta yang tengah melancong ke daerah Jawa Timur. Seperti kejadian kocak yang dialami oleh akun twitter @budakpanitia.

“Gue pertama kali ke daerah Jawa Timur, mesen pecel, bingung anjir ga dapet ayam, sampe protes ke mbaknya :(,” tulis akun @budakpanitia.

Akun @cho_ro mencoba memberikan penjelasan yang cukup masuk akal dari hasil wawancara dengan salah satu pedagang pecel lele di Jakarta. Menurut penuturannya, pemilihan nama pecel lele sebetulnya berkaitan dengan makanan tradisional khas Lamongan, Jawa Timur.

“Makanan ini nama aslinya Pecek atau Pecek Lele, terkenal di Lamongan dan Jawa Timur. Kemudian, mereka hijrah ke Jakarta, tapi di Jakarta dah ada makanan khas Betawi yang namanya pecak,” tulis cho_ro.

Untuk menghindari kesalahpahaman, para pedagang kemudian mengganti nama hidangan tersebut dengan sebutan Pecel Lele. Alasannya, pecel kacang dinilai tidak terlalu populer di Jakarta. Maka digunakan lah kata pecel pada setiap olahan lauk atau makanan yang menggunakan lalapan seperti ayam atau lele.

Cho_ro mengaku mendapat informasi tersebut dari pedagang pecel lele di Jl. Gunung Sahari. Ia pun sempat mengalami culture shock saat hijrah ke Jakarta. Bila menilik lebih dalam, olahan pecak khas Betawi merupakan hidangan berbahan dasar ikan yang digoreng kering lalu disiram kuah kuning dengan rempah.

Sekilas bumbunya seperti pesmol namun jauh lebih beragam. Pecak Betawi masih bisa ditemui di beberapa rumah makan khas Betawi, maupun acara-acara spesial seperti pernikahan dan hajatan lainnya.

Tidak hanya itu, istilah pecak sebetulnya juga merujuk pada sejumlah hidangan tradisional khas Nusantara lainnya. Di Kepulauan Seribu, pecak merupakan olahan bubur yang diolah dengan beragam bumbu rempah-rempah.

“Makanan bernama ‘pecak’ ini juga sebenarnya menimbulkan kebingungan tersendiri, karena pecak bagi orang Jakartad aratan itu adalah olahan ikan dengan semacam kuah kuning, sementara bagi warga pulau seribu, pecak itu bubur. Hahaha,” tulis akun tomanurung.

Setelah menilik penjelasan di atas, menurut Okezoners, kira-kira olahan ayam goreng yang disajikan bersama lalapan dan sambal cabai itu sebaiknya disebut dengan istilah apa ya?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini