nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Titip Koper ke Bagasi Pesawat? Anda Harus Tahu Ini

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 12 November 2019 06:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 11 406 2128579 sering-titip-koper-ke-bagasi-pesawat-anda-harus-tahu-ini-uTG0jeIbMk.jpg Ilustrasi (Foto : Allgroup)

Saat bepergian menggunakan pesawat terbang, banyak penumpang yang menitipkan kopernya ke bagasi. Untuk menitipkan koper ke bagasi pesawat, penumpang terlebih dahulu check-in di counter.

Koper yang telah diberikan identitas kemudian diletakkan di conveyor belt untuk selanjutnya diproses masuk ke pesawat. Kebanyakan penumpang yang menitipkan kopernya ke bagasi mungkin hanya tahu sampai proses pemberian identitas dan koper dibawa menggunakan conveyor belt.

Tapi sebenarnya, masih banyak tahapan yang harus dilalui hingga akhirnya koper masuk bagasi pesawat. Seorang travel blogger bernama Jeb Brooks mencoba menjabarkannya lewat video yang diunggah ke channel YouTube pribadi.

koper bagasi

Jeb kebetulan mendapat kesempatan untuk melihat proses di balik layar penitipan koper di bagasi di Bandara International Atlanta. Dalam videonya terlihat koper yang dititipkan ke bagasi harus menempuh perjalanan kurang lebih 1,5 km. Hal ini lantaran koper berputar-putar melewati beberapa tahapan pemeriksaan.

Jeb mengikuti proses dari koper diberikan identitas hingga masuk ke pesawat. Pertama ia mengunjungi ruang bawang tanah milik maskapai Delta Air Lines. Di sana dirinya melihat arah perginya sejumlah koper di atas conveyor belt dari ujung ke ujung untuk kemudian dipisah berdasarkan destinasi tujuan.

Menurut Jeb, bandara menggunakan sistem yang memungkinkan petugas menemukan tas dengan cepat jika perlu dilakukan pengalihan rute. Ada pemindai RFID yang sering digunakan untuk memindai kode QR, beserta koper dan labelnya. Hal itu memudahkan maskapai untuk melacak posisi koper dan segera mengirimkannya ke pesawat baru.

Pada proses itu Jeb juga mengetahui koper yang lebih dulu check-in beberapa jam sebelum penerbangan akan disimpan ke tempat khusus. Koper tersebut disingkirkan sementara dari koper-koper yang harus segera dikirim ke pesawat. Di sisi lain, untuk menghindari terjadinya kesalahan peletakkan koper di pesawat, ada tanda seperti titik di conveyor belt.

Tanda tersebut memungkinkan petugas mengetahui pesawat yang tepat untuk meletakkan koper. Ada juga layar di seluruh area penanganan sehingga petugas mengetahui waktu penerbangan koper dan pesawatnya.

bagasi pesawat

Hal ini bertujuan untuk memastikan koper tidak tersesat dalam sistem. Setelah koper siap dan dikirim ke pesawat dengan conveyor belt, ada petugas yang kemudian menyusun koper di bagasi.

Petugas bisa menambahkan beban pada koper dengan cara direkatkan sementara. Tujuannya agar keseimbangan bagasi yang dimuat ke pesawat tetap seimbang. Apabila belum seimbang juga, petugas akan menambahkan karung pasir atau pemberat lainnya.

Dalam video tersebut, Jeb juga mengungkapkan apabila penumpang ingin kopernya datang lebih dulu sesaat setelah penerbangan selesai dilakukan, maka ia harus menjadi penumpang terakhir yang check-in.

titip koper

Sebaliknya, semakin awal penumpang check-in dan menitipkan koper ke bagasi, maka kopernya akan semakin lama keluar. Cara lain agar koper bisa cepat keluar adalah menempelkan stiker fragile atau barang pecah belah. Demikian seperti yang Okezone lansir dari The Sun, Selasa (12/11/2019).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini