nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perbaiki Sistem Pelayanan Kesehatan, Menkes Terawan: Butuh Teknologi Mumpuni

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 11 November 2019 23:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 11 481 2128574 perbaiki-sistem-pelayanan-kesehatan-menkes-terawan-butuh-teknologi-mumpuni-UE4yzslvzG.jpg Pelayanan kesehatan (Foto: Wandaprod)

INDONESIA sangat membutuhkan berbagai inovasi baru di bidang kesehatan. Baik itu berupa alat kesehatan, teknologi, serta program baru yang menjadikan sistem pelayanan kesehatan lebih maju.

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto meminta kepada seluruh stakeholder agar lebih inovatif ikut memajukan sistem pelayanan kesehatan. Salah satunya lewat ajang Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF).

Menkes Terawan mengapresiasi para peneliti atau inovator. Mereka telah memutar ide untuk menghasilkan sesuatu hal, demi memajukan pembangunan kesehatan. Salah satunya dengan berbagai teknologi yang mumpuni.

 Ilustrasi pelayanan kesehatan

"Saya apresiasi adanya penghargaan ini dari karya anak bangsa, yang bisa memikirkan solusi atas permasalahan di bidang kesehatan," ucap Menkes Terawan lewat siaran pers yang diterima Okezone, Senin (11/11/2019).

Di kesempatan sama, Ketua Umum IndoHCF, Dr dr Supriyantoro, SpP, MARS mengatakan, era revolusi industri 4.0 melalui big data, artificial intelligence, ‘robotics’ dan internet of things memberikan tantangan nyata yang tidak mudah di sektor kesehatan. Sehingga butuh inovasi teknologi untuk menunjang kualitas pelayanan kesehatan.

"Digitalisasi sudah masuk ke seluruh lini kehidupan masyarakat. Tentunya untuk sektor pelayanan kesehatan yang lebih baik kita perlu berbagai macam inovasi kesehatan dengan suntikan teknologi terbaik," terang Supriyanto.

Ilustrasi pelayanan kesehatan

Supriyantoro menambahkan, jika ada inovasi yang berkembang pesat, maka dapat mengurangi ketergantuan Indonesia terhadap produk kesehatan asal luar negeri. Mulai dari peralatan di rumah sakit hingga obat-obatan yang dikonsumsi masyarakat. Pelayanan kesehatan pun jadi membaik dan masyarakat mudah mengakses, jika berbasis teknologi.

Dia juga ikut mendukung dan mengapresiasi perkembangan dunia kesehatan di Indonesia. Khususnya dalam pelaksanaan program pemerintah dan inovasi oleh anak bangsa.

 Teknologi kesehatan

"Secara pribadi saya sangat apresasi. Sekarang semakin banyak anak bangsa yang memberikan sumbangsihnya melalui pemanfaatan teknologi terutama pada sektor kesehatan," tandasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini