5 Cara Atasi Kecemasan yang Berlebihan

Devia Affiana, Jurnalis · Senin 11 November 2019 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 11 612 2128242 5-cara-atasi-kecemasan-yang-berlebihan-yDIFKnLkIm.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Jika Anda merasakan jantung berdetak lebih cepat, kemungkinan itu respons terhadap situasi yang membuat Anda stres. Atau mungkin, telapak tangan Anda berkeringat ketika Anda dihadapkan dengan tugas atau peristiwa yang luar biasa atau kecemasan.

Harus Anda ketahui kecemasan merupakan respons alami terhadap tubuh kita pada saat merasakan stres. Contohnya: hari pertama Anda di pekerjaan baru, bertemu keluarga pasangan Anda, atau memberikan presentasi di depan banyak orang.

Setiap orang memiliki pemicu yang berbeda dan mengidentifikasi mereka adalah salah satu langkah paling penting untuk mengatasi dan mengelola serangan kecemasan.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencoba menenangkan kecemasan Anda, dilansir dari Healthline, Senin (11/11/2019).

 Pria memegang kepala

1. Pola pikir

Pikiran negatif dapat berakar dalam pikiran Anda dan mengubah keparahan situasi. Salah satu caranya adalah dengan menantang ketakutan Anda, bertanya apakah itu benar, dan melihat di mana Anda dapat mengambil kendali.

2. Tetap fokus, tarik napas panjang

Cobalah bernapas dalam hitungan keempat, dan bernapas dalam 4 hitungan selama 5 menit. Menjelang malam, hal ini akan memperlambat detak jantung yang seharusnya dan membantu menenangkan Anda.

3. Teknik 4-7-8 juga dikenal membantu kecemasan

Baik itu dalam bentuk minyak, dupa, atau lilin, aroma seperti lavender, chamomile, dan cendana bisa sangat menenangkan. Aromaterapi dianggap membantu mengaktifkan reseptor tertentu di otak Anda, yang berpotensi mengurangi kecemasan.

 Dua perempuan duduk

4. Jalan-jalan atau lakukan yoga 15 menit

Terkadang, cara terbaik untuk menghentikan pikiran cemas adalah berjalan menjauh dari situasi. Meluangkan waktu untuk fokus pada tubuh dan bukan pikiran Anda, dapat membantu meredakan kecemasan.

5. Tuliskan pikiran Anda

Menuliskan apa yang membuat Anda cemas membuatnya keluar dari kepala Anda dan membuatnya tidak terlalu menakutkan. Trik relaksasi ini sangat membantu bagi mereka yang mengalami kecemasan secara sporadis. Mereka juga dapat bekerja dengan baik dengan seseorang yang memiliki gangguan kecemasan umum (GAD) ketika mereka terikat.

Namun, jika Anda curiga Anda menderita GAD, metode penanganan cepat seharusnya bukan satu-satunya jenis perawatan yang Anda gunakan. Anda akan ingin menemukan strategi jangka panjang untuk membantu mengurangi keparahan gejala dan bahkan mencegahnya terjadi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini