nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Nunchi, Rahasia Hidup Bahagia dan Sukses ala Orang Korea

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 13 November 2019 17:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 13 481 2129399 mengenal-nunchi-rahasia-hidup-bahagia-dan-sukses-ala-orang-korea-sclGcP9yKN.jpg Rahasia sukses orang Korea (Foto: Soompi)

MEMILIKI kehidupan yang bahagia jadi impian semua orang. Mencapai kebahagiaan dalam hidup sejatinya tidaklah mudah, tapi konon orang-orang Korea punya filosofi hidup tersendiri untuk mendapatkan kebahagiaan dalam hidup. Apakah rahasia hidup bahagia ala orang Korea ini?

Mungkin kita perlu mengenali dengan yang disebut Nunchi, konsep tradisional Korea tentang kesadaran situasional dan fokus yang digaungkan oleh jurnalis dan penulis buku, Euny Hong dalam buku terbarunya yang berjudul, The Power of Nunchi: The Korean Secret to Happiness and Success.

Rahasia hidup orang Korea

Menurut Euny, yang dimaksud dengan nunchi ini adalah mengerti apa yang orang lain rasakan dan pikirkan, kualitas yang dimiliki oleh individu yang peka terhadap dinamika di dalam kelompok tertentu.

Tahukah Anda, ternyata orang Korea sudah menanamkan konsep nunchi ini sejak usia muda. Anak-anak di Korea sudah mengetahui kata nunchi sejak mereka baru berusia tiga tahun. Sehingga sudah terbiasa mendengar konsep nunchi dalam kultur kehidupan sosial sehari-hari.

Kata "nunchi" sendiri secara kasar berarti “eye measure” semacam penyesuaian, bukan secara individu tetapi dari konteks keseluruhan dan suasana situasi. Ini berlaku untuk hampir semua lingkungan sosial tempat seorang individu berada, dari pernikahan hingga wawancara kerja.

 Happy people

Dalam penerapan di kehidupan nyata, konsep nunchi ini melibatkan memperhatikan siapa, dalam konteks apa pun, berbicara, siapa yang mendengarkan, yang menyela, hingga orang yang meminta maaf. Dari sana, seseorang dapat membuat penilaian yang dapat berguna untuk mengetahui tentang sifat hubungan dan hierarki dalam suatu kelompok, suasana hati secara keseluruhan, dan bagaimana berperilaku sesuai dalam suasana tersebut.

Di lingkup masyarakat Korea, orang yang memiliki nunchi yang baik, biasa disebut quick nunchi, yakni individu yang memiliki kemampuan untuk memproses dengan cepat informasi sosial. Maka dari itu, orang-orang dengan quick nunchi, disebutkan punya peluang untuk sukses dan bahagia di lingkungan sosial yang lebih tinggi. Sebab mereka pandai menempatkan diri dan membuat suatu hubungan atau relasi.

Disebutkan Euny, istilah mudahnya orang lain akan lebih bahagia berada di dekat kita, jika kita adalah orang yang memiliki quick nunchi.

“Di tingkat yang paling dasar, pengertian mudahnya ialah orang lain akan lebih bahagia berada di dekat Anda jika Anda memiliki quick nunchi. Sementara itu dari sudut pandang Machiavellian, orang-orang seperti ini bisa bernegosiasi lebih baik dengan tidak banyak bicara, mendengarkan dengan cermat, dan mengumpulkan informasi dari orang lain sebelum berbicara,” ujar Euny, seperti dikutip Theguardian, Rabu (13/11/2019).

Dalam bukunya tersebut, Euny juga menyatakan bahwa nunchi tidak hanya membantu individu tetapi juga jadi faktor mengapa Korea bisa mengalami perkembangan cepat Korea dari salah satu negara termiskin di dunia berubah menjadi negara berpenghasilan tinggi, dan juga memiliki akar budaya kuat dalam beberapa generasi.

“Mengembangkan konsep nunchi, berarti menggunakan data untuk keuntungan diri sendiri untuk menciptakan kenyamanan bagi diri Anda dan orang lain di sekitar kita,” pungkas Euny. (dno)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini