nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minuman Sehat untuk Kamu yang Insomnia, Dijamin Cepat Lelap!

Devia Affiana, Jurnalis · Rabu 13 November 2019 19:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 13 481 2129437 minuman-sehat-untuk-kamu-yang-insomnia-dijamin-cepat-lelap-fgFKEo8dgV.jpg Ilustrasi (Foto : Medicalnewstoday)

Tidur malam yang dianjurkan setidaknya 7-9 jam setiap hari. Namun, beberapa orang sulit untuk tidur atau insomnia.

Kabar buruknya, orang yang mengalami insomnia atau susah tidur sering dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi, diabetes, penyakit jantung, bahkan kematian. Karenanya, penting untuk mengatasi masalah insomnia untuk mengurangi risiko.

Selain mengelola stres, susah tidur bisa diatasi dengan minuman. Beberapa minuman jika diminum sebelum tidur dapat membantu kamu tidur terlelap. Berikut minuman yang dapat membantu kamu si insomnia tidur lelap yang dikutip dari Healthline :

Jus ceri

Ceri adalah buah yang megandung triptofan, sehingga dapat membantu mengatasi masalah susah tidur. Triptohan adalah asam amino yang menstimulasi hormon melatonin, nantinya akan membantu mengatur kapan kamu tidur dan bangun.

Jus Ceri

Salah satu studi mencatat minum 2 gelas (480 ml) jus ceri setiap hari selama 2 minggu meningkatkan waktu tidur total selama 84 menit. Minum jus ceri juga membantu mengobati gejala insomnia pada orang dewasa yang berusia 50 tahun ke atas.

Teh chamomile

Teh chamomile dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Misalnya, minum teh chamomile membantu mengobati gejala flu, mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan kulit.

Teh Chamomile

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan ternyata teh chamomile dapat meningkatkan kualitas tidur yang membantu mengatasi masalah insomnia. Satu studi pada 60 orang dewasa menemukan, mengonsumsi 400mg ekstrak chamomile selama 28 hari berturut-turut aman meningkatkan kualitas tidur. 

Teh peppermint

Teh peppermint dapat meningkatkan kualitas tidur dengan menenangkan gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan di malam hari. Teh ini diyakini memiliki sifat antivirus, antimikroba, dan antialergi. 

Teh Peppermint

Teh peppermint juga mudah dibuat. Rebus 2 gelas (480 ml) air dan tambahkan segenggam daun peppermint. Anda dapat menyesuaikan jumlah daun, tergantung selera. Biarkan dedaunan di dalam air panas setidaknya selama 5 menit.

Teh peppermint umumnya aman untuk diminum, tetapi dapat berinteraksi dengan obat tekanan darah, gangguan pencernaan dan diabetes. Jadi, jika sedang minum obat-obatan tertentu, lebih konsultasikan ke dokter sebelum rutin minum teh peppermint.

Susu hangat

Minum Susu

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa susu hangat dapat meningkatkan kualitas tidur. Minum segelas susu hangat sebelum tidur membantu tubuh rileks dan bersiap istirahat. Jika ingin mencoba ritual ini, pastikan Anda tidak toleran laktosa atau alergi susu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini