nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Punya Kamera SLR? Fotografer Langganan Artis Ini Beberkan Trik Merawatnya

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 13 November 2019 10:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 13 612 2129172 punya-kamera-slr-fotografer-langganan-artis-ini-beberkan-trik-merawatnya-BJviiNnDK7.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BUKAN rahasia lagi jika kamera SLR profesional memang menghasilkan gambar foto yang sempurna dan tajam resolusinya. Sayangnya, kamera SLR yang kerap dipakai untuk kepentingan profesional ini dibanderol dengan harga yang tidak murah.

Biasanya, kamera SLR profesional yang paling standar dijual mulai dari harga jutaan. Bahkan, jika digital SLR bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Nah, mengingat harganya yang tidak murah, rasanya sayang sekali jika kamera SLR usianya jadi pendek hanya karena kita tidak memahami cara yang tepat untuk merawatnya. Ketidaktahuan cara merawat kamera SLR profesional ini biasanya banyak dialami oleh orang-orang yang baru pertama kali memiliki kamera SLR.

muda kenamaan Indonesia yang pernah berkesempatan memotret langsung pemain bola dunia, Steven Gerrard.

Lantas, sebenarnya seperti apa sih cara merawat kamera SLR yang tepat namun sekaligus mudah? Untuk menjawab pertanyaan ini, maka Okezone pun bertanya langsung pada Mario Ardi, fotografer muda kenamaan Indonesia yang pernah berkesempatan memotret langsung pemain bola dunia, Steven Gerrard.

“Pertama sih, pas penggantian lensa itu jangan ngasal. Pas penggantian lensa, kamera diarahkan ditelungkupkan ke bawah, baru dibuka lensanya. Masangnya harus ke bawah, ini paling penting," jelas Mario, kala dijumpai Okezone di Neo Soho, Jakarta Barat.

"Kalau ngasal, debu gampang masuk. Nanti akhirnya kalau sensor kamera sudah kemasukan debu, kamera itu pasti jadi ada titik-titik berwarna hitam,”

Tidak hanya posisi saat penggantian lensa, perawatan kamera SLR yang tepat juga mencakupi kebutuhan akan cairan khusus pembersih kamera. Tapi, menurut Mario kamera tidak perlu dibersihkan terlalu sering, kecuali jika sudah kotor.

Tapi, menurut Mario kamera tidak perlu dibersihkan terlalu sering, kecuali jika sudah kotor.

"Pas kita lihat lensanya agak kotor ya kita bersihkan dengan pembersih kamera yang tinggal dipencet itu, jangan ditiup soalnya seringnya enggak sengaja malah kena air liur kita yang muncrat, kena kamera bersihinnya susah," tuturnya.

"Selama kamera enggak kotor enggak usah dibersihin nanti dibuka-buka debunya malah nempel,” tutup fotografer langganan BCL, Jessica Iskandar hingga Gisel ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini