nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perempuan Lebih Jago Mengurus Keuangan? Ini Faktanya

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 14 November 2019 17:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 14 196 2129849 perempuan-lebih-jago-mengurus-keuangan-ini-faktanya-w9uRbCLhur.jpg Perempuan lebih jago mengurus keuangan (Foto: Couplescounseling)

MELEK atau memahami soal literasi keuangan, menjadi hal yang sangat penting. Namun sayangnya, di balik stigma bahwa kaum perempuan jago mengurus soal uang nyatanya tidak sejalan dengan fakta yang ada.

Pasalnya, menurut data terbaru tahun 2019 untuk tingkat literasi keuangan menurut gender dari Otoritas Jasa Keuangan, tingkat literasi keuangan pada perempuan berada di angka 75,15 persen, lebih rendah dari tingkat literasi keuangan pada laki-laki, setinggi 77,24 persen.

Masalah keuangan

Padahal, sebagai perempuan apalagi jika sudah berkeluarga, sangat penting untuk bisa mengelola keuangan dengan maksimal untuk mewujudkan keluarga yang Iebih sejahtera. Sehingga angka kemiskinan bisa secara perlahan tapi pasti, bisa diturunkan.

Agar perempuan Indonesia menjadi semakin melek literasi keuangan. Tentunya pemerintah tidak bisa berjalan sendiri, maka dari itu pemerintah pusat salah satunya Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) berkolaborasi dengan sektor swasta untuk membuat program pelatihan soal literasi keuangan bagi perempuan.

Seperti dijelaskan, oleh Dr. Pribudiarta Nur Sitepu, MM, Sekretaris KPPPA. Program pelatihan melek keuangan bagi kaum perempuan sangat penting, agar kaum perempuan baik yang belum ataupun sudah berkeluarga bisa berdaya di atas kakinya sendiri dan hidup sejahtera. Tapi pemerintah tidak bisa hadir sebagai pemain tunggal, alias harus bersinergi dengan sektor swasta contohnya.

“Kita pemerintah, bisa dipastikan tidak bisa kerja sendirian. Salah satunya mengenai isu pengelolaan keuangan ini. Makanya kami sangat mendukung pelatihan literasi keuangan untuk kaum perempuan oleh Prudential Indonesia yang dapat memberdayakan para perempuan dalam membangun keluarga yang Iebih sejahtera. Perempuan memainkan peranan penting sebagai pengatur keuangan keluarga,” ungkap Dr.Pribudiarta, saat ditemui Okezone (14/11/2019) dalam acara “10 Tahun Aksi Nyata Prudential Indonesia Dukung Kesejahteraan Keluarga Indonesia Melalui Pemberdayaan Perempuan” di Gedung KPPPA, Jakarta Pusat.

Mengelola keuangan

Dukungan bagi para perempuan untuk terus mengasah kemampuan soal keuangan juga makin dibutuhkan agar tiap perempuan mampu menghadapi berbagai tantangan rumah tangga di era digital.

Senada dengan Dr.Pribudiarta, dalam kesempatan yang sama Nini Sumohandoyo, Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia menyebutkan bahwa kaum perempuan itu punya peran besar dalam menggerakkan perekonomian negara. Makanya, penting untuk setiap perempuan Indonesia baik yang hidup di kota besar atau pelosok sekalipun punya pengetahuan alias melek soal keuangan.

“Perempuan Indonesia memiliki potensi yang sangat besar terhadap pertumbuhan ekonomi jangka panjang. Maka ini kami secara konsisten menyelenggarakan program Literasi Keuangan untuk Perempuan selama sepuluh tahun berturut-turut. Tahun ini, kami bangga bisa melebarkan jangkauan hingga ke kota-kota di wilayah Indonesia Timur,” imbuh Nini.

Selain itu, dari segi program pemerintah. Dr.Pribudiarta juga menambahkan, sejatinya fondasi ekonomi keluarga bisa gampang goyah jika perempuan tidak punya kemampuan yang mumpuni soal mengurus keuangan.

“Stabilitas ekonomi keluarga dapat goyah loh jika perempuan tidak memiliki kapasitas memadai dalam manajemen keuangan. Makanya program ini juga sejalan dengan program Three Ends dari KPPPA, yaitu untuk mengakhiri kesenjangan ekonomi kaum perempuan,” tutup Dr.Pribudiarta singkat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini