nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Museum Pusaka di Indonesia, Simpan Banyak Benda Keramat

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 14 November 2019 20:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 14 406 2129944 3-museum-pusaka-di-indonesia-simpan-banyak-benda-keramat-8BlNeQ4Zmg.jpg Koleksi Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon (Foto : Kemdikbud)

Hingga kini masih banyak masyarakat Indonesia yang percaya terhadap kekuatan benda keramat. Biasanya masyarakat menganggap benda pusaka sebagai sesuatu yang sakti atau keramat. Benda pusaka umumnya warisan turun-temurun dari nenek moyang atau leluhur. Oleh karenanya, benda pusaka juga dianggap peninggalan yang harus dilestarikan.

Memang ada benda-benda pusaka yang disimpan secara khusus. Terlebih jika benda keramat tersebut merupakan peninggalan kerajaan. Di Indonesia, setidaknya ada 3 museum pusaka yang menyimpan benda-benda peninggalan tersebut. Merangkum berbagai sumber, Kamis (14/11/2019), inilah museum pusaka tersebut :

1. Museum Pusaka TMII

Museum Pusaka TMII

(Foto : tamanmini.com)

Pada awalnya, museum pusaka berisi koleksi pribadi Mas Agung yang kemudian dihibahkan oleh Dra. Hj. Sri Lestari Mas Agung kepada Hj. Siti Hartinah Soeharto. Kemudian koleksi museum ini ditambah dengan benda-benda yang dibeli. Museum Pusaka Taman Mini Indonesia Indah (TMII) memiliki koleksi senjata tradisional yang mewakili 26 provinsi, benda-benda budaya, pusaka dari zaman ke zaman, pusaka hasil temuan, dan ragam hias bilahpusaka. Ada juga koleksi keris Nagasasra Sabuk Inten zaman Mataram, kujang zaman Padjajaran, keris Singa Barong tinatah mas, karih dari Sumatera, belati zaman Kerajaan Mataram, kudi zaman kerajaan Tuban, pedang zaman HB IX, serta keris Naga Tapa dari Yogyakarta.

2. Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon

Terletak di area Keraton Kasepuhan Cirebon, museum pusaka ini menyimpan berbagai benda keramat peninggalan keraton dari masa ke masa. Di sana terdapat Keris Sempana, akeris Brojol, Keris Sempaner, Keris Pandita Tapa, Keris Santan, dan Keris Bima Kurda peninggalan Pangeran Cakrabuana di abad XIII-XIV.

Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon

(Foto : kemdikbud.go.id)

Ada juga senjata khas Sunda yaitu Kujang Wayang, badik, serta Keris Dholog dan Keris Tilam Upih peninggalan Sunan Gunung Jati. Di dalam museum ada pula Peti Mesir yang dibawa oleh Sunan Gunung Jati dan ibunya dari Mesir ke Cirebon.

3. Museum Pusaka Nias

Didirikan oleh Pastor Johannes Hammerle, misionaris Gereja Katolik asal Jerman, Museum Pusaka Nias menyimpan lebih dari 6000 artefak. Pada awalnya, sang pastor yang sangat menghargai budaya Nias mengoleksi benda-benda budaya, seni, dan sejarah masyarakat Nias. Seiring berjalannya waktu, koleksi museum mulai dilengkapi.

Museum Pusaka Nias

(Foto : mytrip.co.id)

Saat ini terdapat 4 paviliun yakni Kejayaan Masa Lalu, Pesta dan Upacara Adat, Kehidupan Sehari-hari, serta Ruang Pamer Temporer. Koleksi yang ada antara lain perhiasan, senjata, tetabuhan untuk upacara adat, alat-alat sembahyang, perlengkapan jamuan makan dalam pesta, pakaian pesta, kursi atau singgasana, peti mati berkepala naga, rumah adat, alat pancing tradisional, peralatan berburu tradisional, perkakas pertukangan, perabot rumah tangga, ukiran-ukiran kayu untuk pemujaan leluhur, alat musik tradisional, serta batu-batu megalitik beraneka bentuk dan makna.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini