nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ke Kroasia, Diah Ayu Lestari Bangga Bawa Budaya Indonesia

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 14 November 2019 23:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 14 406 2130058 ke-kroasia-diah-ayu-lestari-bangga-bawa-budaya-indonesia-Edq5tD5I28.jpg Diah Ayu Lestari (dededal/Instagram)

Berperan sebagai duta wisata bagi suatu negara menjadi kebanggaan bagi semua orang. Hal inilah yang dirasakan oleh penyanyi muda Diah Ayu Lestari.

Berprofesi sebagai penyanyi, membuat Diah Ayu atau yang kerap disapa Dede ini memiliki banyak kesempatan untuk bepergian ke luar negeri. Saat mengunjungi berbagai negara itulah, Dede mencoba mengenalkan budaya-budaya Indonesia pada dunia.

Baru-baru ini, ia mengaku diundang oleh Kedutaan Besar Indonesia untuk Kroasia dalam misi budaya yang digagas oleh Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN).

 Keramaian di Kroasia

Dede mengatakan, undangan tersebut dalam rangka memeriahkan acara ‘Commerating The Anniversary of The Independence Day of The Republic of Indonesia’ yang juga dihadiri oleh duta besar seluruh dunia dan para menteri Kroasia.

“Seperti kunjungan ke negara lainnya, kita membawa misi kebudayaan. Saya diundang untuk membawakan lagu-lagu etnik dari album saya terdahulu yang kental dengan lagu-lagu dari berbagai daerah di Indonesia,” ujar Dede saat ditemui di Jakarta baru-baru ini.

Dede pergi ke Kroasa pada Oktober lalu bersama rombongan KSBN. Ia disambut oleh Duta Besar Indonesia untuk Kroasia, H.E Sjcahrodin Zainal Pagaralam dan istri, Hj. Trully Trisno Prawoto Atmojo.

 Foto bersama

Dede pun membawakan beberapa lagu tradisional Indonesia, yaitu Rame-Rame, Manuk Dadali dan Yamko Rambe Yamko. Selain lagu-lagu Indonesia, Dede juga sempat membawakan lagu Kroasia berjudul Dani I Godine. Ia mengenakan kebaya Betawi berwarna merah yang dipadukan dengan kain bernuansa merah dan hijau.

Pada kesempatan lain, Dede mengenakan pakaian bernuansa etnik berwarna hijau dan merah. Ia juga mengenakan aksesori etnik di kepala.

“Luar biasa banget. Ini benar-benar pengalaman dan juga penghargaan luar biasa, saya bisa kembali membawa lagu daerah dan membesarkan budaya Indonesia di negeri lain, tepatnya di Kroasia untuk tahun ini. Sambutannya, luar biasa sekali,” jelas Dede.

 Keramaian di Kroasia

Selain ke Kroasia, Dede dan rombongan juga menyempatkan diri pergi ke Hongaria dan Austria. Ia mengaku bangga dapat membawa budaya Indonesia ke luar negeri.

“Saya juga mengenalkan, bahwa Indonesia adalah negara damai dan penuh persahabatan,’ pungkas Dede.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini