nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sakit Perut Berhari-hari, Empedu Pria Ini Penuh dengan Mutiara Hitam

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 14 November 2019 10:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 14 481 2129677 sakit-perut-berhari-hari-empedu-pria-ini-penuh-dengan-mutiara-hitam-ClX6NueNyT.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Belum lama ini media sosial dihebohkan oleh unggahan seorang netizen bernama Arak Wongworachat. Unggahan tersebut memperlihatkan empedu seorang pria berusia 60 tahun usai menjalani operasi.

Arak yang bekerja sebagai dokter ini menemukan sesuatu yang mengejutkan di dalam kantung empedu pria tersebut. Awalnya pria tersebut datang dengan keluhan demam dan sakit perut, serta mata yang diduga menguning.

Lelaki tua itu mengatakan bahwa dia tidak memiliki nafsu makan selama berhari-hari. Setelah mengunjungi rumah sakit dan melakukan ultrasound, terungkap bahwa kandung empedu pria itu berat yang sangat padat.

 Organ manusia

Seperti dilansir Word of Buzz, Kamis (14/11/2019), lelaki tua itu segera dioperasi. Ketika kantung empedunya dipotong dengan hati-hati, dokter menemukan sesuatu yang aneh di dalamnya. Seluruh kantong empedu pria itu terisi hingga penuh dengan 'mutiara hitam'.

Kabarnya ada begitu banyak mutiara hitam di dalam kantung empedu pria ini. Arak memprediksi pria tersebut memiliki lebih dari 800 mutiara dalam kantung empedunya. 'Mutiara hitam' ini diprediksi berasal dari kecanduan bubble tea yang sangat parah.

Pasalnya yang disebut mutiara hitam ini terlihat sangat mirip dengan bola tapioka hitam yang sering ditemukan di setiap cangkir bubble tea. Meski demikian, dokter dengan cepat membuktikan bahwa teori itu salah.

 Organ manusia

Tampaknya penumpukan 'mutiara hitam' ini disebabkan oleh peradangan parah di kantung empedu. Saking parahnya bahkan kantung empedu ini menuju titik di mana ia hampir penuh dengan nanah.

Usut punya usut, orang tua itu telah menderita kondisi ini selama lebih dari lima tahun tanpa bantuan medis. Arak menambahkan bahwa ia telah membagikan foto-foto ini di media sosial agar tidak memicu kekhawatiran untuk minum bubble tea.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk mengunjungi profesional kesehatan secepat mungkin setelah mulai merasa tidak sehat. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya insiden seperti ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini