nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Olahraga Cara Mudah Cegah Diabetes, Berapa Kali dalam Seminggu?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 14 November 2019 16:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 14 481 2129833 olahraga-cara-mudah-cegah-diabetes-berapa-kali-dalam-seminggu-wA2xS9msoy.jpg Olaharag cara termudah cegah diabetes (Foto : Boldsky)

Menurut International Diabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2017, Indonesia adalah rumah bagi 10,3 juta penyandang diabetes. Diperkirakan jumlah ini akan terus meningkat sebanyak 60 persen pada 2045 menjadi 16.7 juta jiwa.

Jika hal ini terus terjadi maka Indonesia bakal menempati peringkat ke-7 di dunia sebagai negara penderita diabetes terbanyak. Diabetes sendiri adalah kondisi kadar gula darah meningkat karena tubuh seseorang tidak dapat memproduksi insulin.

Cek Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi ini dapat menyebabkan beberapa komplikasi pada tubuh manusia yang mengakibatkan kerusakan hati, jantung, ginjal dan organ tubuh lainnya. Bahkan dalam beberapa kasus, diabetes bisa menyebabkan kebutaan, stroke hingga amputasi anggota badan.

Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO), dr. Rachmad Wishnu Hidayat, Sp.KO mengatakan bahwa gaya hidup sehat sangat berpengaruh terhadap risiko diabetes. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan rutin berolahraga.

Latihan Aerobik

”Aktivitas olahraga rutin seperti latihan aerobik intensitas sedang, durasi minimal 30 menit per sesi, dilakukan 5x per minggu,” terang dr. Rachmad, dalam acara Wicara Kesehatan Posbindu Insitutis di Kampus Yarsi, Cempaka Putih, Kamis (14/11/2019).

Menurut dr. Rachmad berolahraga secara rutin adalah cara termudah yang bisa dilakukan dan merupakan pilar penting bagi seseorang untuk pencegahan dan pengelolaan diabetes.

Olahraga

“Olahraga dapat membantu gula diserap secara efisien oleh otot. Penyerapan ini akan membantu menurunkan kadar gula dalam darah seseorang. Jadi biasakan olahraga secara teratur,” tuntas dr. Rachmad.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini