nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Kamar Suka Lakukan Ini, Telinga Pria Jadi Sarang Kecoa

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 05:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 14 481 2129981 di-kamar-suka-lakukan-ini-telinga-pria-jadi-sarang-kecoa-rKrv5FAJaE.jpg Telinga pria jadi sarang kecoa (Foto : Odditycentral)

Berawal dari rasa sakit yang hebat di telinga kanannya, seorang pria asal China mendapati bahwa telinganya telah menjadi sarang kecoa. Ia pun terkejut saat mengetahui puluhan kecoa tinggal di saluran telinganya.

Pria yang diketahui bernama Mr. Lv itu terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Sanhe di Provinsi Guangdong, China, bulan lalu. Awalnya ia mengeluhkan rasa sakit yang hebat, dibarengi sensasi seperti ada sesuatu yang merangkak dan menggaruk di dalam telinganya. Zhong Yijin, selaku dokter spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) di Rumah Sakit Sanhe mengaku tersentak saat menemukan lebih dari 10 ekor kecoa dewasa tengah bersemayan di telinga Mr. Lv.

Kecoa

Kepada Zhong, Mr. Lv mengatakan bahwa salah satu anggota keluarganya memang sempat menyinari bagian telinganya dan melihat ada serangga besar tengah hilir mudik di dalamnya. Selidik punya selidik, Mr. Lv rupanya memiliki kebiasaan menyisakan makanan di tempat tidurnya pada malam hari.

Zhong mengatakan bahwa hal itulah yang menarik perhatian serangga hingga akhirnya masuk ke dalam telinga pria malang tersebut. Kecoa itu disinyalir melihat telinga pria itu sebagai ruang inkubasi, dan akhirnya merangkak ke dalam untuk bertelur.

Setelah mengetahui penyebabnya, staf rumah sakit akhirnya melakukan tindakan pertolongan dengan cara mengeluarkan satu per satu kecoak menggunakan pinset. Hasilnya, kini telinga Mr. Lv telah bersih dari serangan serangga meski harus mengalami luka ringan di telinganya. Ia kemudian diperbolehkan pulang dengan syarat rutin mengonsumsi antibiotik.

Endoskopi

Belum lama ini, seorang dokter asal Vietnam juga mendadak menjadi perbincangan netizen lantaran mengunggah video saat dirinya sedang mengeluarkan kecoa dari telinga pasien. Keluhan yang dialami si pasien pun kurang lebih sama dengan Mr.Lv.

Ia mengeluhkan rasa sakit yang hebat pada bagian telinganya setiap malam. Saat diperiksa, tim medis melihat seekor kecoa besar sedang merangkak di dalam telinganya. Mereka pun berhasil mengeluarkan serangga tersebut menggunakan pinset dan kamera endoskopi hanya dalam kurun waktu dua menit saja.

Menurut penuturan sang dokter, telinga sebenarnya memiliki sistem untuk membersihkan dirinya sendiri. Kendati demikian, hal tersebut tidak menutup kemungkinan serangga bisa masuk ke dalam telinga dan menimbulkan efek suara seperti gendang.

Kecoa

“Saluran telinga memiliki sistem pembersihan sendiri. Namun serangga hidup dapat terperangkap di dalamnya. Bahkan ada laporan dari orang-orang yang telinganya sempat dimasuki laba-laba sehingga menimbulkan sensasi seperti suara drum,” tutur dr. Philip.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini