nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Sengaja Buang atau Bakar Benda Pusaka, Waspadai Kesialan Ini!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 14 November 2019 11:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 14 612 2129702 tidak-sengaja-buang-atau-bakar-benda-pusaka-waspadai-kesialan-ini-1j55ZIL5y9.jpg Ilustrasi (Foto: M. Sukardi/Okezone)

Sebagai masyarakat yang dekat kebudayaan leluhur, kita tak bisa menampik masih ada beberapa orang yang percaya akan benda pusaka. Benda itu bisa berupa keris, tombak, atau juga batu pusaka.

Barang-barang ini dipercaya harus mendapat perlakuan khusus untuk menjaga kesakralannya. Makanya, benda pusaka biasanya akan ditempatkan di lokasi yang tak bisa dijangkau orang lain.

Nah, bicara mengenai barang atau benda pusaka, apa jadinya kalau Anda membakar atau menghilangkan barang keramat tersebut? Apakah benar Anda dan keluarga akan celaka selama hidup?

 Keris

(Foto: M. Sukardi/Okezone)

Hal ini bisa terjadi karena generasi sekarang yang kurang begitu paham mengenai tradisi ini. Beberapa orang bahkan kurang percaya dengan adanya barang pusaka. Makanya, mungkin sekali terjadi pembuangan atau pembakaran secara tidak sengaja benda pusaka.

Lantas, terkait dengan kesialan tersebut, apa jawabannya?

Perempuan indigo Furi Harun menjelaskan kalau benda pusaka hilang atau dibakar, maka Anda akan mendapatkan kesialan yang cukup serius. Terlebih ketika benda pusaka itu memang 'ada isinya'.

"Bakal mengalami kesialan yang sulit untuk diatasi," tegas Furi Harun pada Okezone melalui pesan singkat, Kamis (14/11/2019).

Furi menjelaskan, kesialan itu bisa berupa rumah kebakar, kebangkrutan jika melakukan bisnis, atau juga kecelakaan yang sangat parah.

Karena itu, ia menyarankan agar jangan sembarangan dengan benda pusaka. Jika Anda tergolong dalam orang yang tak percaya, ada baiknya tetap menghormati kepercayaan yang dibangun keluarga Anda terhadap barang pusaka tersebut.

 Keris

(Foto: M. Sukardi/Okezone)

Jangan kemudian malah Anda coba menyingkirkan barang tersebut, apalagi membakarnya. "Karena, nanti yang merasakan dampaknya si pemilik barang pusaka tersebut," sambung Furi.

Kemudian, bagaimana cara menghilangkan kesialan akibat membuang atau membakar barang pusaka?

Furi menerangkan, cara yang paling mudah dilakukan adalah melarung. Ya, praktik ini kerap dilakukan orang-orang untuk membuang sial atau keburukan dalam hidup.

Terkait dengan isi larungan, Furi menjawab, itu semua tergantung kepercayaan. Jadi, ada orang yang melarung dengan isian sesajen lengkap dengan rambut dan kuku. Tapi, ada juga orang yang melarung yang isiannya sesajen dan pakaian.

"Intinya, melarung diniatkan sebagai cara permohonan maaf dan buang sial, serta menghapus hal-hal jelek yang pernah dilakukan, sehingga tidak menimbulan kesialan," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini