nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Urine Kelinci Ampuh Suburkan Tanaman, Begini Cara Membuatnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 06:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 14 612 2130027 urine-kelinci-ampuh-suburkan-tanaman-begini-cara-membuatnya-pSIsLk1YqE.jpg Urine kelinci ampuh untuk suburkan tanaman (Foto : Dimas/Okezone)

Di balik tampilannya yang sangat menggemaskan, ada satu fakta menarik yang tidak diketahui banyak orang tentang kelinci. Urine hewan bertelinga lancip ini rupanya bisa dijadikan pupuk tanaman lho, Okezoners!

"Urine kelinci bisa dibuat pupuk cair, dan bisa digunakan untuk memumupuk semua jenis tanaman," terang Kaskul salah satu staf The Learning Farm, saat ditemui Okezone di kawasan Cianjur, Jawa Barat, Kamis 14 November 2019.

Cara membuat pupuk cair dari urine kelinci ini pun terbilang mudah. Anda hanya perlu mencampurkannya dengan sejumlah bahan, seperti gedebong pisang yang sudah dicacah dan keong sawah.

Peternakan Kelinci

Penambahan bahan tersebut, menurut Kaskul, dipercaya ampuh menambah kandungan nutrisi pada pupuk. Menariknya, proses pembuatan pupuk cari ini menggunakan teknik fermentasi.

Campuran urine, gedebong pisang, dan keong sawah tadi harus diletakkan di wadah tertutup seperti drum selama kurang lebih satu minggu hingga satu bulan. Durasi fermentasi disesuaikan dengan jumlah urine yang hendak diolah. Nah, untuk mengakali bau tak sedap, Kaskul biasanya menambahkan potongan jahe dan kunyit.

"Sebelum fermentasi dilakukan, urine harus dicampur dengan bio starter atau semacam ragi. Selain itu, drum juga harus dibuka sedikit setiap hari," jelas Kaskul.

"Kalau tidak dibuka atau dibiarkan tertutup terus, dikhawatirkan bisa meledak. Proses fermentasi dilakukan sampai ada wangi khas tapai. Kalau sudah ada, berarti pupuk sudah bisa digunakan," timpalnya.

Peternakan Kelinci

Di The Learning Farm sendiri, setidaknya ada lebih dari 60 kunci dewasa dan anakan yang dibudidayakan. Jumlah tersebut diklaim dapat menghasilkan 1 drum pupuk cair berkualitas.

Lantas, apa manfaat dari pupuk cair ini dibandingkan pupuk organik lainnya? Kaskul mengatakan bahwa pupuk cair lebih praktis untuk digunakan serta mengandung banyak nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tanaman.

Peternakan Kelinci

"Kandungan nutrisinya lebih lengkap. Untuk yang macronya ada nitrogen, fosfor, potasium, sulfur, dan kalsium. Selain itu, pupuk kelinci juga mengandung unsur antiseptik yang mampu melawan bakteri pembusuk pada tanaman," tukasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini