nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Ibnu Jamil Akali Anak agar Mau makan Sayur

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 13:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 15 196 2130242 tips-ibnu-jamil-akali-anak-agar-mau-makan-sayur-juVwE087cD.jpg Ibnu Jamil. (Foto: Okezone)

NAMA Ibnu Jamil memang dikenal sebagai artis yang kerap menerapkan pola hidup sehat. Dirinya berusaha untuk menjaga pola makan dan menghindari makan terlalu kenyang. Selain itu, ia juga gemar berolahraga seperti lari dan main sepakbola.

Sebenarnya, sejak kecil Ibnu Jamil tidak dibiasakan hidup sehat, hanya saja ia sangat menggemari olahraga. Seiring berjalannya waktu, pengaruh lingkungan, dan penambahan informasi, aktor berusia 37 tahun itu mulai menjaga pola makan sehingga semakin menerapkan gaya hidup sehat.

Pola hidup sehat itu juga coba diterapkan Ibnu Jamil ke anak semata wayangnya, Dhofin Maula Jamil. Tapi, memang ada tantangan yang harus dihadapi olehnya. Terlebih sang anak termasuk yang susah makan.

Terlebih sang anak termasuk yang susah makan.

"Anak saya tipe yang makannya susah, jadi sebisa mungkin cari cara untuk merayu dia makan. Apalagi makan sayuran, itu PR banget," kata Ibnu kepada Okezone di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Beruntung, Ibnu pernah mengikuti seminar yang membahas tentang cara membuat anak suka makan sayur. Salah satunya menyusun makanan sesuai dengan bentuk yang disukai. Misalnya untuk sayur sop, kentang dan wortelnya dipotong bentuk bintang atau yang lainnya. Bisa juga menyusun makanan sesuai karakter yang disukai anak.

"Tapi sebenarnya yang lebih penting kasih contoh kepada anak. Kalau suruh dia makan sayur juga harus sering makan sayur depan dia. Jangan sampai anak disuruh makan sayur tapi orangtuanya enggak makan sayur," ujar Ibnu.

Menurutnya, orangtua harus membuat anak-anak terbiasa dengan hal-hal atau aturan yang ingin diterapkan. Orangtua juga perlu mempraktikkannya secara langsung.

 hal-hal atau aturan yang ingin diterapkan. Orangtua juga perlu mempraktikkannya secara langsung.

Di sisi lain, Ibnu tidak terlalu khawatir urusan olahraga. Kebetulan anaknya menggemari olahraga sepakbola dan bela diri taekwondo. Saat ini, sang anak mengikuti klub sepakbola dan rutin berlatih taekwondo. Beberapa kali ia juga melakukan olahraga renang.

"Dari awal anak lahir memang saya pengin banget dia suka olahraga, bebas dia mau olahraga apapun," katanya.

"Silahkan menentukan sendiri dan menikmati dengan caranya. Usia dini 'kan memang yang penting cinta olahraga dulu, apalagi ibunya mantan atlet jadi olahraga di anak saya sudah dekat," pungkas Ibnu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini