nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pria Ini Campur Perment Mint dan Minuman Soda ke Lubang, Endingnya Bikin Netizen Emosi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 21:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 15 612 2130518 pria-ini-campur-perment-mint-dan-minuman-soda-ke-lubang-endingnya-bikin-netizen-emosi-7qluShXcBY.jpg Pria campurkan permen mint dengan minuman soda (Foto : @shrimpbinch/Twitter)

Siapa yang waktu masih kecil suka melakukan eksperimen dengan mencampurkan permen mint ke dalam botol minuman soda? Kalian tentu sudah tau hasilnyakan?

Botol akan melambung tinggi ke udara seperti roket, atau menyemburkan air soda dengan sangat kencang. Menurut penuturan Tonya Coffey, ahli fisika dari Appalachian State University di Amerika Serikat, fenomena ini disebabkan oleh sejumlah zat kimia yang terkandung di dalamnya.

Zat-zat yang dianggap bertanggung jawab dalam fenomena ini adalah gum arabic dan gelatin dalam permen, serta kafein, potassium benzoate, dan aspartam dalam minuman bersoda.

Nah beberapa waktu lalu, netizen kembali dikejutkan dengan video eksperimen serupa yang dilakukan oleh seorang pria tak dikenal.

Dalam video tersebut, si pria tampak memasukkan beberapa butir perment mint dan memecahkan sebutir telur ayam ke dalam sebuah lubang yang ada di atas permukaan tanah.

Soda

Tak beberapa lama kemudian, ia membuka sebuah botol minuman bersoda lalu menuangkannnya ke dalam lubang. Gelembung-gelembung udara tampak menyeruak memenuhi genangan air yang ada di dalamnya.

Saat air perlahan mulai menyurut, pria itu tiba-tiba memasukkan kedua tangannya seolah sedang berusaha meraih sesuatu. Teka-teki pun akhirnya terjawab.

Di saat banyak netizen berharap melihat reaksi fisika seperti ledakan atau semburan air yang sangat kencang, pria itu justru berhasil menangkap ikan lele menggunakan tangan kosong.

Tak berhenti di situ saja. Ia kembali menuangkan minuman soda ke dalam lubang hingga habis tak bersisa. Sebuah kejutan kembali terjadi. Seekor ikan lele berukuran besar tiba-tiba melompat dari dalam lubang.

Belum diketahui pasti apakah teknik seperti ini memang banyak digunakan orang untuk menangkap ikanl lele, namun satu yang pasti, video tersebut sukses menarik perhatian netizen.

Beberapa di antara mereka mengaku kesal melihat video itu karena tidak sesuai dengan ekspektasi mereka.

"Awalnya saya pikir ini adalah cara baru untuk memasak telur," tulis akun @atomic_pixies.

"Aku pikir hasilnya akan seperti percobaan sains, seperti ledakan gunung berapi," tulis seorang netizen.

Selidik punya selidik, ternyata ada penjelasan dibalik teknik yang dilakukan oleh pria tersebut. Hal ini dijelaskan secara rinci oleh akun twitter @barrydeutsch.

"Sebetulnya ia menggali lubang di dekat sungai. Kemudian ia memecahkan telur untuk menarik perhatian ikan lele yang kelaparan," terangnya.

minuman soda

Ia melanjutkan bahwa penggunaan permen mint dan minuman bersoda bertujuan untuk menciptakan gelombang karbondioksida dan menghisapkan oksigen yang ada di dalam lubang. Alhasil ikan lele itu terpaksa keluar dari sarangnya untuk menemukan air yang segar.

"Namun sayang, ikan itu berakhir di tangan nelayan," tukasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini