nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Langkah Benahi Hati Setelah Diselingkuhi, Yuk Move On

Devia Affiana, Jurnalis · Senin 18 November 2019 19:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 18 196 2131381 3-langkah-benahi-hati-setelah-diselingkuhi-yuk-move-on-nW8tsA4c5u.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENGETAHUI bahwa pasangan Anda selingkuh memang lah salah satu pengalaman yang paling menyakitkan yang bisa dialami semua orang. Bahkan, banyak orang yang trauma sehingga tidak mau lagi memiliki pasangan.

Meskipun pasanganmu meminta maaf dan telah menunjukkan penyesalan yang tulus atas perselingkuhan mereka, tapi bukan berarti Anda dapat dengan mudah memaafkannya.

Memang, sangat sulit untuk membangun kembali kepercayaan setelah pengkhianatan tersebut. Perasaan tersakiti tersebut pastinya masih ada, dan Anda hanya berpikir untuk segera melupakannya. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda tidak lagi bertemu dengan orang yang telah menyakiti hati Anda.

Sayangnya, langkah seperti ini malah akan membuat lebih banyak kerusakan dalam proses membangun kembali sebuah hubungan. Pasalnya, untuk membangun kembali hubungan setelah perselingkuhan, sangat penting untuk menghilangkan pikiran menyakitkan ini agar Anda benar-benar dapat memulai dari awal.

Dilansir dari YourTango, jika Anda tidak yakin bagaimana membangun kembali kepercayaan setelah ditipu oleh pasangan Anda, berikut adalah tiga langkah mudah untuk membantu menghilangkan pikiran-pikiran yang menyakitkan.

 berikut adalah tiga langkah mudah untuk membantu menghilangkan pikiran-pikiran yang menyakitkan.

Ekspresikan perasaan Anda

Bayangkan menjepit selang air saat nozzle dihidupkan. Menurut Anda apa yang akan terjadi jika Anda menjepitnya, lalu melepaskannya secara tiba-tiba? Air akan keluar dengan tekanan yang sangat kuat.

Ini sama seperti perasaan menyakitkan Anda. Semakin banyak Anda menyimpannya di dalam, semakin akan bergejolak di diri Anda, dan bisa menjadi berbahaya. Ketika saatnya tiba bahwa Anda tidak dapat menahannya lagi, semuanya akan meledak.

Pendekatan yang baik untuk ini adalah membuka diri terhadap seseorang. Bagikan pemikiran dan perasaan Anda dengan seseorang yang benar-benar Anda percayai, seperti orang tua Anda atau sahabat Anda. Melakukan hal ini akan membantu Anda mengungkapkan perasaan menyakitkan dan menyakitkan di dalam diri Anda.

Terkadang, Anda membutuhkan bantuan seorang profesional. Anda dapat meminta terapis atau penasihat Anda untuk membantu Anda melewati masa yang menyakitkan ini. Saat berbicara dengan mereka, jangan menghindar dengan hal-hal yang Anda katakan.

Terbukalah dengan segalanya, dan curahkan semua emosi negatif itu. Ingatlah bahwa mereka ada di sana untuk membantu Anda, bukan untuk mengkritik Anda

Terima semuanya

Kenyataan bahwa pasangan Anda telah selingkuh akan sulit untuk diterima, bahkan jika Anda berpikir Anda bisa melaluinya Anda hanya akan membodohi diri sendiri.

Orang-orang berpikir mereka dapat melanjutkan hidup mereka jika mereka menekan semua emosi negatif, dan membuat mereka percaya bahwa itu tidak pernah terjadi. Anda dapat mencoba membodohi diri sendiri, tetapi Anda tidak dapat benar-benar membodohi hati Anda.

Selama Anda tidak dapat menerima kenyataan bahwa itu benar-benar terjadi, Anda akan merasakan sakit dan sakit hati berulang-ulang. Lantas, bagaimana Anda dapat menerima semua kenyataan itu? Anda perlu merangkul rasa sakit dan mengakui keberadaannya.

bagaimana Anda dapat menerima semua kenyataan itu? Anda perlu merangkul rasa sakit dan mengakui keberadaannya

Renungkan hal-hal yang telah terjadi dan berkonsentrasilah pada apa yang Anda inginkan terjadi dalam hubungan Anda. Pikirkan masa depan.

Rasa sakit mungkin tidak hilang secara instan, tetapi secara bertahap akan berkurang dari hari ke hari. Waktu adalah penyembuh yang hebat, jika itu yang Anda inginkan dan mau Anda fokuskan.

Berteman dengan rasa sakit

Jika Anda pada akhirnya memberi dia kesempatan kedua, Anda mungkin masih memiliki perasaan marah terhadap pasangan Anda karena apa yang dia lakukan. Ketika pasangan Anda ada di sana, Anda akan terus-menerus diingatkan tentang apa yang terjadi, yang dapat memicu perasaan menyakitkan itu.

Nah, yang perlu Anda lakukan adalah berkomunikasi dengan pasangan Anda dan dengan jujur katakan padanya perasaan Anda. Beri tahu pasangan Anda semua hal yang Anda rasakan amarah dan kesedihan.

Beri tahu pasangan Anda semua hal yang Anda rasakan amarah dan kesedihan.

Bersedialah untuk meminta bantuannya atau melalui masa yang menyakitkan ini. Minta pasangan Anda untuk membantu Anda menghilangkan semua pikiran dan perasaan negatif Anda.

Jika pasangan Anda benar-benar ingin membangun kembali hubungan Anda, dan benar-benar menyesal atas apa yang terjadi, mereka akan melakukan segalanya untuk membantu Anda melalui periode ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini