nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemegang Rekor Traveler Termuda Ungkap 5 Tips Keliling Dunia yang Aman

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 18 November 2019 21:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 18 406 2131439 pemegang-rekor-traveler-termuda-ungkap-5-tips-keliling-dunia-yang-aman-rfqbiRkU9d.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KESEMPATAN untuk pergi liburan keliling dunia pasti tidak akan disia-siakan begitu saja. Tapi, alih-alih menyenangkan, terkadang liburan bisa terasa menyebalkan hanya karena hal-hal sepele.

Oleh karenanya, sangat penting untuk mencari segala informasi sebelum berkunjung ke negara orang. Seorang traveler muda, Lexie Alford membagikan beberapa tips untuk keliling dunia.

Di usianya yang masih 21 tahun, dirinya telah mengunjungi 196 negara di dunia. Hal itu membuatnya menjadi pemegang Guinness World Record dalam kategori orang termuda yang bepergian ke banyak negara.

Merangkum South China Morning Post, Senin (18/11/2019), inilah 5 tips dari Lexie untuk keliling dunia :

Rusia selama enam minggu untuk keperluan mengurus visa.

1. Memegang dua paspor

Memiliki dua paspor sangat penting jika Anda ingin bepergian ke beberapa negara dalam kurun waktu singkat namun di sisi lain harus mengurus visa yang memakan waktu lama.

Sebagi contoh, Anda mendadak harus ke Singapura tapi paspor masih di kedutaan Rusia selama enam minggu untuk keperluan mengurus visa.

Menurut Lexie, cobalah datangi kantor imigrasi dengan menunjukkan bukti tertulis akan melakukan penerbangan dalam waktu dekat ke negara lain sementara sedang tidak memegang paspor. Kantor imigrasi biasanya membantu dengan mengeluarkan paspor baru.

2. Kirimlah email ke tempat penginapan

Setibanya di bandara negara tujuan, kebanyakan dari Anda pasti langsung ingin ke penginapan. Taksi adalah salah satu layanan transportasi yang sering menjadi pilihan. Tapi terkadang, supir taksi akan 'menembak' harga hingga harganya sangat mahal.

Oleh karena itu, email tempat penginapan sebelum tiba di negara tujuan untuk menanyakan tarif rata-rata taksi dari bandara ke penginapan. Cara ini bisa membantu mengurangi jumlah pengeluaran.

3. Gunakan aplikasi online travel agent

Aplikasi online travel agent harus tersedia di ponsel apabila ingin bepergian ke luar negeri. Melalui aplikasi ini, penumpang dapat melihat rute tercepat dan rute dengan harga termurah. Aplikasi menyediakan tarif dan lama waktu terbang dari setiap maskapai penerbangan sehingga bisa dijadikan pembanding.

waktu terbang dari setiap maskapai penerbangan sehingga bisa dijadikan pembanding.

4. Sediakan waktu yang cukup

Kesempatan untuk mengunjungi suatu negara mungkin tidak akan ada lagi di lain hari. Oleh karenanya maksimalkan waktu berkunjung.

Sediakan waktu setidaknya 3 hari untuk memaksimalkan liburan. Selain untuk menjelajah negara, ada beberapa alasan untuk hal ini. Pertama, perlunya waktu untuk mencuci pakaian bila diperlukan. Kedua, memberi waktu untuk tubuh beristirahat.

5. Manfaatkan suvenir yang ada

Seperti yang dikatakan sebelumnya, kesempatan untuk datang ke suatu negara mungkin tidak akan datang lagi. Maka dari itu, bagi beberapa orang penting untuk memiliki suvenir dari negara yang dikunjungi sebagai oleh-oleh.

Daripada menghabiskan uang tambahan, ada baiknya menjadikan uang koin dari suatu negara sebagai suvenir. Sebab biasanya uang koin sulit dihabiskan dan tidak bisa ditukar.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini