nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Manfaat Tak Terduga dari Daun Pisang, Bisa untuk Spa Lho!

Ummu Hani, Jurnalis · Senin 18 November 2019 14:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 18 481 2131230 5-manfaat-tak-terduga-dari-daun-pisang-bisa-untuk-spa-lho-LfRxttta0Z.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Makan menggunakan alas daun pisang sudah menjadi tradisi di beberapa negara seperti Indonesia, India dan negara lainnya. Di India, daun ini dianggap suci karena digunakan untuk menyajikan makanan kepada dewa.

Sedangkan di Indonesia, kebanyakan orang masih menggunakan daun pisang untuk memasak karena dipercaya meningkatkan rasa dan aroma dari makanan.

Banyak yang tidak mengetahui manfaat lainnya dari daun pisang. Berikut adalah beberapa manfaat daun pisang yang bisa Anda dapatkan di sekitar rumah. Dilansir dari Thehealthsite, Senin (18/11/2019).

 Daun

1. Mengobati demam

Kaya akan antioksidan dan zat astringen, daun pisang dapat mengurangi peradangan dan kegelisahan saat demam. Bersihkan daun pisang dan rendam dengan minyak kelapa beberapa saat. Lalu letakkan di atas kepala Anda.

2. Mengurangi ketombe

Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun pisang dapat membantu meningkatkan penyembuhan kulit rambut yang kering dan teriritasi. Caranya adalah, Anda harus memotong dan menghancurkan daun sampai airnya keluar. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan ekstrak daun pisang ke kepala Anda. Diamkan semalaman dan bilas di pagi hari untuk hasil maksimal.

 Perempuan melihat pundak

3. Untuk masak

Menggunakan daun pisang untuk memasak adalah cara tradisional yang sudah digunakan sejak lama oleh penduduk asli di negara-negara Asia. Daun pisang digunakan untuk membantu melunakkan daging, memanggang, sampai mendukus ikan. Metode ini ekonomis, murah serta ramah lingkungan.

4. Mempercepat proses penyembuhan

Daun pisang kering kaya akan allantoin dan polifenol yang mampu membantu meningkatkan imunitas dan menyembuhkan luka. Oleskan daun pisang segar yang sudah dicampur dengan madu pada luka. Ini akan mengurangi iritasi pada luka. Anda juga dapat minum ekstrak dari daun pisang tiga kali sehari untuk kekebalan tubuh.

 Perempuan

5. Untuk kesehatan kulit

Masker kulit daun pisang telah digunakan untuk spa tradisional selama beberapa dekade. Daun pisang mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang membantu menjaga kesehatan kulit. Cara terbaik menggunakan daun pisang untuk kesehatan kulit adalah dengan mengoleskan daun pisang segar yang sudah dihancurkan langsung pada kulit.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini